​Gus Hasyim Wahid, Adik Bungsu Gus Dur Wafat, Dikenal Tokoh Di Balik Layar

​Gus Hasyim Wahid, Adik Bungsu Gus Dur Wafat, Dikenal Tokoh Di Balik Layar KH Hasyim Wahid (Gus Im). foto: ist

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - KH Hasyim Wahid (Gus Im), adik bungsu KH Abdurrahman Wahid () wafat pada Sabtu (1/8/2020) pukul 04.18 WIB di Rumah Sakit Mayapada Jakarta. Gus Im adalah putra KH A Wahid Hasyim, pahlawan nasional yang juga mantan Menteri Agama RI pertama.

Sedang Kiai Wahid Hasyim adalah putra KHM Hasyim Asy’ari, pendiri Pesantren Tebuireng dan Nahdlatul Ulama (NU) yang juga pahlawan nasional. Jadi Gus Im adalah cucu .

Gus Im adalah putra dari pasangan KH A Wahid Hasyim dan Nyai Hj Sholilah Munawwaroh. Pernikahan Kiai Wahid Hasyim-Nyai Sholihah itu melahirkan enam putra-putri, yaitu , Nyai Hj Aisyah Hamid Baidlowi (mantan Ketua Umum PP Muslimat NU), Gus Sholah, Gus Umar Wahid (dokter), Nyai Lily Chadidjah Wahid (mantan anggota DPR RI), dan KH Hasyim Wahid (Gus Im).

Menurut Gus Irfan Wahid, putra KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah), setelah dari Rumah Sakit Mayapada, jenazah Gus Im disemayamkan di rumah duka di Ciganjur. Dalam cuitannya di tweeter @ipangwahid, Gus Ipang menulis bahwa Gus Im akan dimakamkan di Denanyar Jombang Jawa Timur. Diperkirakan jenazah Gus Im sampai di Denanyar sekitar pukul 21.00 WIB.

Ibunda Gus Im – Nyai Sholihah – memang berasal dari Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar. Nyai Sholihah adalah putri dari KH Bisri Syansuri, Rais Aam Syuriah PBNU setelah KH Abdul Wahab Hasbullah.

Berbeda dengan saudara dan saudarinya yang lain, Gus Im jarang bahkan tak pernah tampil ke publik. Namun jaringan dan pergaulannya sangat luas. Karena itu Gus Im dikenal sebagai tokoh di balik layar.

Gus Im juga sangat akrab dengan anak-anak muda NU. Dari Gus Im inilah para anak muda NU banyak mendapat pencerahan sekaligus informasi penting. (MMA)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semua Agama Sama? Ini Kata Gus Dur':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO