Sabtu, 31 Oktober 2020 17:10

​Batu Love Garden Bakal Hadir di Kota Batu: Ada Taman Bunga, 1.000 Air Mancur, hingga Pasar Buah

Kamis, 06 Agustus 2020 18:43 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Agus Salimullah
​Batu Love Garden Bakal Hadir di Kota Batu: Ada Taman Bunga, 1.000 Air Mancur, hingga Pasar Buah
Owner JTP Grup, Paul Sastro berfoto bersama dengan Kepala Desa Bumiaji, Ketua Kadin, dan tokoh masyarakat usai acara sosialisasi pembangunan Batu Love Garden di Balai Desa Bumiaji. (foto: ist).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Tidak lama lagi akan hadir destinasi wisata baru di Kota Batu yang berkonsep taman bunga tematik dari berbagai negara. Namanya Batu Love Garden yang berlokasi di Dusun Binangun, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Obyek wisata ini digagas Jawa Timur Park (JTP) Grup bekerja sama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Bumiaji yang dijembatani oleh Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Kota Batu.

Menurut Kepala Desa Bumiaji, Edy Suyanto, Batu Love Garden menempati lahan seluas 8 hektare. Sebagian lahan seluas 2 hektare merupakan tanah kas desa dan 6 hektare milik JTP Grup.

Rencananya, dari 2 hektare lahan Pemdes Bumiaji tersebut, yang akan dibangun hanya sekitar 5 hingga 10 persen. Sisanya merupakan ruang terbuka yang dipenuhi dengan potensi desa seperti beragam jenis bunga, spot selfie, dan hasil kerajinan dari masyarakat desa setempat.

“Kami menyambut baik pembangunan obyek wisata ini di Bumiaji. Paling tidak ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama bisa memperluas lapangan kerja. Selain itu, tentunya bisa menggali potensi produk-produk unggulan di Bumiaji," ujar Edy Suyanto, Kamis (6/8/2020).

Dikatakannya, sesuai rencana, berbagai fasilitas akan disuguhkan di Batu Love Garden, antara lain pasar buah dan bunga, ruang pamer, love garden, dan taman bunga tematik dari berbagai negara. Bahkan akan dihadirkan pula taman 1.000 air mancur.

Sementara itu, Ketua Kadin Kota Batu Endro Wahyu mengatakan, hadirnya Batu Love Garden di Bumiaji merupakan cerminan sinergitas antara pemerintah desa dan pihak swasta guna mewujudkan visi dan misi Kota Batu, yakni Desa Berdaya Kota Berjaya.

"Kami berharap, hadirnya Batu Love Garden di Desa Bumiaji bisa mendongkrak perekonomian warga setempat dan sekitarnya karena nanti dalam pengelolaannya dilakukan oleh Bumdes bersama warga," ujar Endro.

Ia mengungkapkan, baru-baru ini Kadin Kota Batu juga telah menjembatani pertemuan pihak JTP Grup yang dihadiri owner-nya, yakni Paul Sastro Sendjojo dengan pihak Pemdes Bumiaji dalam rangka menyosialisasikan pembangunan Batu Love Garden. Hadir pula dalam pertemuan itu pihak BPD dan tokoh masyarakat.

"Kami hanya membantu menjembatani pihak desa dan JTP Grup agar wisata tersebut bisa berjalan dengan tetap memperhatikan konsep ramah lingkungan dan tidak menghilangkan kelestarian lingkungan yang ada," terangnya. (asa/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...