Dongkrak Produktivitas Pertanian, Petrokimia Perluas Jangkauan Mobil Uji Tanah

Dongkrak Produktivitas Pertanian, Petrokimia Perluas Jangkauan Mobil Uji Tanah Mobil Uji Tanah Petrokimia Gresik. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia terus berupaya meningkatkan pelayanan untuk mendongkrak produktivitas pertanian di berbagai daerah dalam rangka mendorong peningkatan kesejahteraan petani.

Direktur Utama Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi mengungkapkan, upaya itu dilakukan melalui penambahan layanan Mobil Uji Tanah yang telah beroperasi sejak tahun 2015 di sejumlah daerah. Dari yang semula 4 unit menjadi 15 unit.

"Banyak petani yang masih kesulitan mengecek kandungan tanahnya karena tidak memiliki alat penguji, sehingga kami menambah 11 unit Mobil Uji Tanah agar jangkauannya lebih luas lagi," ujar Rahmad.

Sebanyak 15 Mobil Uji Tanah itu akan ditempatkan di 15 daerah dari 8 provinsi, yaitu Madiun, Jember, dan Gresik di Jawa Timur. Kemudian, Purwokerto, Magelang, dan Semarang di Jawa Tengah, lalu Indramayu dan Bandung Barat di Jawa Barat.

Selanjutnya, Lombok dan Sumbawa Nusa Tenggara Barat, Banjarmasin Kalimantan Selatan), Bandar Lampung Lampung), dan Makassar Sulawesi Selatan, dan Tanah Karo Sumatera Utara. " Mobil ini memang dialokasikan untuk 15 daerah tersebut, tapi tidak menutup kemungkinan juga melayani daerah di sekitarnya," terang Rahmad.

Layanan Mobil Uji Tanah sendiri berfungsi untuk menguji tingkat kesuburan tanah dan memberikan konsultasi pertanian secara gratis.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO