Kenang Sang Proklamator, Ning Ita Peringati Hari Kemerdekaan RI di Sekolah Soekarno Kecil

Kenang Sang Proklamator, Ning Ita Peringati Hari Kemerdekaan RI di Sekolah Soekarno Kecil Wali Kota Ita saat memimpin upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75 di SMPN 2 Kota Mojokerto.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 di Kota Mojokerto dirayakan secara berbeda pada tahun ini. Di tengah kondisi pandemi Covid-19, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari sengaja memilih SMP Negeri 2 sebagai lokasi upacara peringatan Hari Kemerdekaan, Senin (17/8/2020).

Salah satu sekolah menengah pertama yang ada di Kota Mojokerto tersebut, tidaklah lepas dari kenangan dan sejarah bagi warga Kota Mojokerto. Karena, di sekolah yang dulunya dikenal sebagai Europesche Lagere School (ELS) merupakan tempat sang proklamator kemerdekaan mengenyam pendidikan pada tahun 1911.

"Tempat ini telah menjadi kebanggaan kita bersama masyarakat Kota Mojokerto, bahwa Sang Proklamator Ir Soekarno atau Kusno pernah tinggal selama delapan tahun lebih dan mengenyam pendidikan di Kota Mojokerto. Salah satunya di sekolah ini, yang dulu disebut sebagai ELS. Untuk itu, kami ingin merayakannya kebahagiaan ini di sini," kata Ning Ita, sapaan akrab wali kota.

Upacara peringatan HUT RI ke-75 tahun tersebut, dilaksanakan secara hikmat bersama seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Dharma Wanita Persatuan (DWP), dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Usai melaksanakan upacara peringatan hari kemerdekaan, wali kota perempuan pertama di Mojokerto ini juga meresmikan patung Soekarno kecil di SMPN 2. Patung Soekarno kecil ini merupakan tanda bahwa sosok sang proklamator kemerdekaan pernah menempuh pendidikan selama menetap di Kota Mojokerto.

"Kami ingin kebanggaan yang dimiliki warga Kota Mojokerto ini, dapat menjadi semangat dan motivasi bagi kita semuanya. Bagaimana kita dan anak-anak generasi melanjutkan perjuangan sang proklamator melalui semangat Spirit of Majapahit. Kita semua ingin membangun Mojokerto ini, sebagai kota yang memiliki kebanggaan dan kemajuan bagi wilayah Jawa Timur khususnya," tegasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO