Sabtu, 31 Oktober 2020 18:17

Banyak Pohon Tua Rawan Tumbang, Dewan Ingatkan BPBD

Kamis, 20 Agustus 2020 14:55 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Banyak Pohon Tua Rawan Tumbang, Dewan Ingatkan BPBD
Kondisi pohon tua di Jalan Raya Bukit Berbunga, Sidomulyo, Kota Batu yang hingga kini belum ditebang.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Masih banyaknya pohon-pohon tua di sepanjang jalan protokol di Kota Batu mendapat perhatian serius kalangan anggota DPRD Kota Batu. Mereka mengingatkan BPBD untuk segera melakukan pendataan pohon-pohon tua yang rawan tumbang di Kota Batu. Pasalnya, saat ini cuaca masih belum menentu. Apalagi angin kencang kadang berhembus secara tiba-tiba.

"Saya minta instansi terkait, terutama BPBD untuk segera melakukan pendataan pohon-pohon yang rawan tumbang. Jangan sampai sudah ada korban baru ditangani," ujar H. Nur'Ali, anggota DPRD Kota Batu dari Fraksi PKB, Kamis (20/8).

Menurutnya, angin kencang masih kerap melanda sebagian wilayah Malang Raya. Bahkan, saat perayaan HUT ke-75 kemerdekaan RI kemarin, angin kencang menerjang salah satu perkampungan di Kabupaten Malang.

Berdasarkan pantauan di lapangan, pohon-pohon tua itu berada di sepanjang jalan Ir. Soekarno Batu, termasuk di jalur lintas tengah di Jalan Tlekung-Beji. Bahkan, ada salah satu pohon yang kondisinya sangat parah dan keropos, namun belum ditebang. Pohon itu berada di Jalan Bukit Berbunga, Desa Sidomulyo.

Menanggapi hal ini, Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu mengatakan, dalam rapat dengan Bina Marga Provinsi Jatim minggu lalu, sudah diagendakan inventarisir terhadap pohon-pohon tua yang layak dirempes atau ditebang.

"Salah satu pokok bahasan dalam rapat dengan Dinas Bina Marga Provinsi yaitu tentang rencana inventarisir pohon-pohon tua. Mana yang layak dirempes atau ditebang dan mana yang tidak," ujar Agung Sedayu.

Dalam rapat tersebut, juga diputuskan bahwa untuk pohon yang berada di pinggir jalan provinsi akan ditangani oleh Dinas Bina Marga Provinsi.

"Terkait pohon-pohon tua di Kota Batu sudah saya laporkan ke Dinas Bina Marga Provinsi dan pengamat jalan. Katanya akan cek lokasi," terangnya.

Diungkapkan Agung, bahwa BPBD telah menerapkan pelayanan prima kepada masyarakat. Bahkan, kata dia, walaupun hari libur, laporan masyarakat tetap ditindaklanjuti. (asa/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...