Banyak Pohon Tua Rawan Tumbang, Dewan Ingatkan BPBD

Banyak Pohon Tua Rawan Tumbang, Dewan Ingatkan BPBD Kondisi pohon tua di Jalan Raya Bukit Berbunga, Sidomulyo, Kota Batu yang hingga kini belum ditebang.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Masih banyaknya pohon-pohon tua di sepanjang jalan protokol di Kota Batu mendapat perhatian serius kalangan anggota DPRD Kota Batu. Mereka mengingatkan BPBD untuk segera melakukan pendataan pohon-pohon tua yang rawan tumbang di Kota Batu. Pasalnya, saat ini cuaca masih belum menentu. Apalagi angin kencang kadang berhembus secara tiba-tiba.

"Saya minta instansi terkait, terutama BPBD untuk segera melakukan pendataan pohon-pohon yang rawan tumbang. Jangan sampai sudah ada korban baru ditangani," ujar H. Nur'Ali, anggota DPRD Kota Batu dari Fraksi PKB, Kamis (20/8).

Menurutnya, angin kencang masih kerap melanda sebagian wilayah Malang Raya. Bahkan, saat perayaan HUT ke-75 kemerdekaan RI kemarin, angin kencang menerjang salah satu perkampungan di Kabupaten Malang.

Berdasarkan pantauan di lapangan, pohon-pohon tua itu berada di sepanjang jalan Ir. Soekarno Batu, termasuk di jalur lintas tengah di Jalan Tlekung-Beji. Bahkan, ada salah satu pohon yang kondisinya sangat parah dan keropos, namun belum ditebang. Pohon itu berada di Jalan Bukit Berbunga, Desa Sidomulyo.

Menanggapi hal ini, Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu mengatakan, dalam rapat dengan Bina Marga Provinsi Jatim minggu lalu, sudah diagendakan inventarisir terhadap pohon-pohon tua yang layak dirempes atau ditebang.

"Salah satu pokok bahasan dalam rapat dengan Dinas Bina Marga Provinsi yaitu tentang rencana inventarisir pohon-pohon tua. Mana yang layak dirempes atau ditebang dan mana yang tidak," ujar Agung Sedayu.

Dalam rapat tersebut, juga diputuskan bahwa untuk pohon yang berada di pinggir jalan provinsi akan ditangani oleh Dinas Bina Marga Provinsi.

"Terkait pohon-pohon tua di Kota Batu sudah saya laporkan ke Dinas Bina Marga Provinsi dan pengamat jalan. Katanya akan cek lokasi," terangnya.

Diungkapkan Agung, bahwa BPBD telah menerapkan pelayanan prima kepada masyarakat. Bahkan, kata dia, walaupun hari libur, laporan masyarakat tetap ditindaklanjuti. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO