Warga Probolinggo Usir Covid-19 dengan Ritual Suro

Warga Probolinggo Usir Covid-19 dengan Ritual Suro Warga Desa Dringu saat menggelar ritual 10 suro dengan mendatangkan reog.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Warga Desa Dringu, Kecamatan Dringu, Kabupaten menggelar ritual 10 suro. Ritual itu diadakan untuk mengusir segala macam penyakit. Terutama wabah virus Corona yang kini menjadi momok bagi masyarakat.

Ritual untuk mengusir virus Corona itu dilakukan dengan mendatangkan tradisi reog yang diarak keliling desa.

“Ritual Suroan ini tujuannya untuk mengusir wabah Corona,” ujar seorang tokoh mssyarakat setempat, Gus Samse kepada wartawan, Kamis (28/8) malam.

Dia menjelaskan, bulan Suro ini merupakan bulan yang penuh sakral menurut orang Jawa. Sehingga warga kemudian menggelar ritual mendatangkan reog dengan berkeliling Desa.

“Kita berharap dengan ritual ini wabah Corona segera pergi dari tanah Indonesia, sehingga rakyat menjadi makmur,” tandas pria yang juga seorang supranatural itu.

Sementara itu, salah seorang warga bernama Dewi berharap agar Covid-19 segera hengkang, sehingga kondisinya kembali normal. “Harapan kita seperti itu,” ungkapnya.

Saat ritual itu digelar, ratusan warga datang berduyun-duyun. Mereka mengaku senang menyaksikan tari-tarian reog yang disuguhkan. (prb1/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO