Rabu, 28 Oktober 2020 03:27

​Profil HARIAN BANGSA, Tiap Hari Sajikan Tafsir Al-Quran Aktual

Jumat, 28 Agustus 2020 15:08 WIB
Editor: MMA
​Profil HARIAN BANGSA, Tiap Hari Sajikan Tafsir Al-Quran Aktual
HARIAN BANGSA saat HUT ke-20 menganugrahkan Penghargaan Utama kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai Pemimpin Tanggap-Trengginas di kantor HARIAN BANGSA di kawasan Gayungsari Surabaya, Kamis (5/3/2020). foto: harian bangsa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Salah satu koran harian yang terbit di Jawa Timur  adalah HARIAN BANGSA. Koran yang didirikan M Mas’ud Adnan ini terbit pertama pada 1 Maret 2000. Yang menarik, HARIAN BANGSA tidak hanya menyajikan berita nasional dan daerah Jawa Timur tapi juga tentang agama. Otomatis HARIAN BANGSA memiliki pangsa pasar jelas: pembaca dan pelanggan fanatik.

HARIAN BANGSA berkantor pusat di Surabaya. HARIAN BANGSA menempatkan dua wartawan hingga tiga wartawan pada setiap kota dan kabupaten seluruh Jawa Timur. Bahkan ada yang lima wartawan dalam satu kabupaten.

Para wartawan itu berdomisili di kota dan kabuparen masing-masing. Sehingga mereka dekat para pembaca HARIAN BANGSA. Maka wajar, jika pembaca dan pelanggan HARIAN BANGSA tersebar di 38 kota dan kabupaten se-Jawa Timur. Bahkan sebagian juga di perbatasan Jawa Tengah.

(M Mas'ud Adnan menyantuni para anak yatim pada setiap even yang digelar HARIAN BANGSA. foto: harian bangsa)

Salah satu kemasan yang banyak memikat pembaca HARIAN BANGSA adalah rubriknya yang khas. Yaitu Tafsir Al-Quran Aktual dan Tanya Jawab Islam.

“Belum pernah ada Koran Harian yang menyajikan Tafsir Al-Quran tiap hari. Karena kalau penulisnya bukan ulama hebat, alim, dan produktif, gak mungkin bisa,” kata M Mas’ud Adnan, pendiri HARIAN BANGSA kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (28/8/2020).

Menurut Mas'ud Adnan, umumnya media yang menyajikan Tafsir Al-Quran itu hanya majalah yang terbit setengah bulan atau satu bulan sekali.  

“Siapa yang bisa istiqamah nulis tiap hari. Sulit kan?,” kata Mas’ud Adnan lagi. Karena itu ia bersyukur HARIAN BANGSA memiliki Dr. KH. Ahmad Musta’in Syafii, M.Ag, ulama dari Pesantren Tebuireng Jombang, yang mengasuh rubrik Tafsir Al-Quran Aktual tiap hari.

Menurut Mas’ud Adnan, Kiai Mustain Syafi’i adalah seorang hafidz (hafal al-Quran 30 juz) sekaligus pakar tafsir yang menguasai bahasa Arab, termasuk gramatikanya. 

“Saya tahu, karena saya banyak mengaji ke beliau saat nyantri di Tebuireng. Saya ngaji kitab ke beliau, termasuk kursus bahasa Arab di Markazullughah. Saat saya Aliyah, saya juga diajar beliau,” tutur Mas’ud Adnan yang alumnus Pesantren Tebuireng.

M. Mas’ud Adnan sendiri dikenal sebagai jurnalis sekaligus penulis. Terutama tentang politik, sosial, agama, NU dan Gus Dur. Pria asal Bangkalan Madura itu menulis sejak duduk di Madrasah Tsanawiyah di Tebuireng. 

Namun tulisannya mulai dimuat di Jawa Pos sejak ia kelas 1 Madrasah Aliyah Tebuireng. Sejak itu ia banyak menulis di media Jakarta, meski ia masih duduk di Madrasah Aliyah. Saat itu banyak menulis tentang masalah politik, agama dan kemahaiswaan. 

Ia lalu melanjutkan kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi-Almamater Wartawan Surabaya (Stikosa-AWS) dan Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair).

(Tradisi yang mengakar di HARIAN BANGSA adalah selalu menyantuni para anak yatim, terutama setiap menggelar event. Tampak M Mas'ud Adnan memberikan pucuk tumpeng kepada anak yaim. foto: harian bangsa) 

Selain rubrik Tafsir Al-Quran Aktual, HARIAN BANGSA juga menyajikan rubrik Tanya Jawab Islam. Rubrik interaktif dengan pembaca ini diasuh Prof Dr KH Imam Ghazali Said, MA. 

“Kiai Imam Ghazali Said adalah pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wonocolo Surabaya,” tutur Mas’ud Adnan.

Selain itu, tutur Mas’ud Adnan, Kiai Imam Ghazali Said juga dosen di Unversitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. “Beliau dulu kuliah di Al-Azhar Mesir, lalu melanjutkan di Universitas Khortum Sudan. Belum lama ini dikukuhkan sebagai guru besar oleh UINSA Surabaya,” kata Mas’ud Adnan.

Bukan hanya itu, HARIAN BANGSA juga menyajikan rubrik Religia sebanyak dua halaman penuh. “Konten rubrik ini full agama,” jelas Mas’ud Adnan sembari menegaskan bahwa rubrik ini menyajikan tasawuf, fiqh, tokoh Islam, khasanah Islam, dan semua peristiwa keagamaan.

Namun secara umum HARIAN BANGSA sama dengan media lain. Yaitu menyajikan berita nasional, regional, internasional, politik, iptek, hukum, keamanan, pembangunan, sosial, birokrasi, pesantren, keagamaan, ormas, ekonomi, pemuda, olahraga, informasi, komunikasi, kesehatan, perhubungan, penerbangan, tenaga kerja, transmigrasi, pedesaan, perdagangan, industri, pariwisata, budaya, pendidikan, pertanian, perhutanan, perkebunan, perikanan, kelautan, dan berita-berita lain, terutama berita daerah.

Menurut Mas’ud Adnan, HARIAN BANGSA terus berkembang. “Alhamdullah barakah,” katanya. Namun tentu saja para pengelola HARIAN BANGSA juga mengikuti perkembangan teknologi informasi, terutama digital.

Maka pada 1 Juli 2014, HARIAN BANGSA melaunching BANGSAONLINE.COM. Kini media online ini berkembang pesat. Seperti HARIAN BANGSA, BANGSAONLINE.COM juga menjadi referensi para tokoh, birokrat, ulama, kiai, pengusaha, politikus, kepala daerah, anggota DPR/DPRD, dan tentu saja para aktivis, mahasiswa, guru, dosen, pakar, praktisi hukum, buruh dan milenial.

Bahkan pada 1 Juli 2020 HARIAN BANGSA juga melaunching BANGSA TV atau BANGSAONLINE TV. “Ini merespons rencana pemerintah yang akan menuju TV digital,” kata Mas’ud Adnan. (tim) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 25 Oktober 2020 12:28 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wisata edukasi berbasis potensi desa di Jawa Timur kembali bertambah. Kali ini, bertempat di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Are...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Selasa, 27 Oktober 2020 09:45 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...