Jumat, 30 Oktober 2020 08:24

​Giliran Warga Giripurno Tuntut Pemekaran Wilayah, Kades: Siapa Bilang Giripurno Mau Dipecah?

Rabu, 09 September 2020 20:54 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Agus Salimullah
​Giliran Warga Giripurno Tuntut Pemekaran Wilayah, Kades: Siapa Bilang Giripurno Mau Dipecah?
Balai Desa Giripurno. (foto: ist).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Setelah warga Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji, kini giliran warga Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji yang menuntut pemekaran desa. Bahkan, saat ini sudah terbentuk Pokja Pemekaran Desa Giripurno.

"Wacana pemekaran desa ini atas keinginan warga. Salah satu tujuan utamanya, yakni untuk meningkatkan pelayanan publik yang mencakup pelayanan pendidikan, ekonomi, pembangunan, dan lainnya agar lebih maksimal," ujar Muhamad Tegen, Jubir Pokja Pemekaran Desa Giripurno kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (9/9/2020).

Desa Giripurno sendiri memiliki sebanyak 6 dusun, yakni Dusun Krajan, Durek, Sumbersari, Sawahan, Sabrangbendo, dan Dusun Kedung dengan total penduduk sebanyak 11.164 jiwa.

Tegen mengklaim, dari 6 dusun di Giripurno, hanya tiga dusun yang berkeinginan membentuk desa baru, yakni Dusun Sabrangbendo, Kedung, dan Sumbersari. Di 3 dusun ini hampir ada 1.800 KK. Sedangkan jumlah warganya sebanyak 6.000 jiwa lebih.

Menurutnya, upaya yang dilakukan Pokja sampai saat ini yaitu melakukan sosialisasi kepada warga dengan maksud untuk menyamakan persepsi tentang tujuan dari pemekaran Desa Giripurno ini. "Sejak terbentuk tanggal 29 Agustus kemarin hingga tanggal 8 September 2020, Pokja sudah 5 kali melakukan sosialisasi," terangnya.

Namun, saat dikonfirmasi terkait hal ini, Kades Giripurno, Suntoro membantah adanya rencana pemekaran desa. Bahkan menurutnya, tidak ada dusun yang mau dimekarkan menjadi desa di wilayahnya.

"Mohon maaf, Mas. Siapa yang bilang Giripurno mau dipecah? Tidak ada dusun yang akan dimekarkan," ungkapnya saat dikonfirmasi secara terpisah, Rabu (9/9/2020) sore.

Ditanya tentang terbentuknya Pokja Pemekaran Desa Giripurno, pihaknya mengaku jika Pemdes Giripurno maupun BPD hanya mendapat tembusannya saja. (asa/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...