KPU Sumenep Pastikan 2 Bakal Paslon Negatif Covid-19

KPU Sumenep Pastikan 2 Bakal Paslon Negatif Covid-19 Rahbini, Komisioner KPU Sumenep.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - memastikan dua bacabup-bacawabup Sumenep, yakni Fattah Jasin-KH. Ali Fikri dan Ahmad Fauzi-Dewi Khalifah negatif Covid-19. Hal ini berdasarkan hasil swab test yang dilakukan kepada kedua bakal paslon.

"Sebelum tes kesehatan di Surabaya, kedua paslon cabup-cawabup sudah dilakukan tes swab oleh pihak KPU dan hasilnya negatif mas," ujar Komisioner Rahbini kepada BANGSAONLINE.com, Jum'at (11/09/2020).

Untuk tes kesehatan kedua paslon, juga sudah dilakukan pada 7 dan 8 September lalu. "Jadwalnya dua hari, sejak tanggal 7 hingga 8 September 2020," terang Rahbini.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr. Ramelan Jalan A. Yani Surabaya. Tes kesehatan merupakan tahapan yang harus dijalani bagi pasangan Bacabup-Bacawabup sesuai ketentuan peraturan KPU.

Menurutnya, tes kesehatan tidak dilakukan di Kabupaten Sumenep, tapi di Surabaya. Sebab berdasarkan peraturan KPU, pemeriksaan kesehatan bacabup-bacawabup harus dilakukan di rumah sakit tipe A. Sementara di Kabupaten Sumenep tidak ada rumah sakit tipe A.

KPU bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menentukan tiga Rumah Sakit sebagai tempat pemeriksaan kesehatan pasangan calon, yaitu RSU Dr. Soetomo, RSAL Dr. Ramelan, dan RSU Syaiful Anwar Malang.

"Di Jawa Timur, enam kabupaten di RSU Dr Soetomo, enam kabupaten di RSAL Dr. Ramelen, dan tujuh kabupaten di RSU Syaiful Anwar. Sedangkan untuk pasangan bacabup-bacawabup Sumenep di RSAL Dr. Ramelan Surabaya," jelasnya.

Untuk diketahui, saat ini tahapan pelaksanaan Pilbup Sumenep memasuki masa proses verifikasi syarat calon. Penetapan pasangan calon dijadwal 23 September, dilanjut dengan pengundian dan pengumuman nomor urut pada 24 September 2020. Sedangkan, pemungutan dan penghitungan suara Pilbup Sumenep dijadwalkan 9 Desember 2020. (aln/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO