​Puluhan Relawan Peduli Lingkungan Gelar Aksi Bersih Sampah dan Tebar 10 Ribu Ekor Ikan di Kali Rau

​Puluhan Relawan Peduli Lingkungan Gelar Aksi Bersih Sampah dan Tebar 10 Ribu Ekor Ikan di Kali Rau Dari kanan, Beny Prasetyo (EPPI), Bima (Wild Water Indonesia Kediri), Anggota Koramil Pagu, M. Imrom (Camat Pagu), Nanda (Tim Saber Sampah) ,dan Hadi Sutrisno (Kades Wates). (foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE)

KEDIRI,BANGSAONLINE.com - Puluhan relawan dari lintas komunitas di Kabupaten Kediri menggelar aksi membersihkan sampah di Kali Rau. Selain bersih-bersih sampah, para relawan yang didukung oleh Pemdes Wates, Kecamatan Pagu itu juga menebar 10 ribu bibit ikan tawes di sumber Rau.

Para relawan dari kelompok peduli lingkungan EPPI (Eks Pramuka Putra Putri Indonesia), Rante Rau, Tim Saber Sampah, dan Wild Water Indonesia (WWI) dalam aksi bersih-bersih sampah tersebut didahului dengan menebar 10 ribu bibit ikan tawes di sumber Rau.

Hadir dalam aksi tebar bibit ikan di sumber Rau tersebut, yakni Camat Pagu M. Imron dan Anggota Muspika Pagu, Kades Wates Hadi Sutrisno, dan wakil dari Dinas Perikanan Kabupaten Kediri.

Beny Prasetyo, Koordinator Aksi menjelaskan bahwa sumber Rau yang terletak di Desa Wates, Kecamatan Pagu ini ke depan akan dijadikan kawasan konservasi ekosistem ikan lokal.

"Untuk tahap awal ini, kami tebar 10 ribu bibit ikan tawes. Bibit ikan yang ditebar ini adalah bantuan dari rekan-rekan Wild Water Indonesia Kediri," kata Beny Prasetyo, Minggu (13/9/2020).

Menurut Beny, setelah tebar bibit ikan di sumber Rau, aksi dilanjutkan dengan menyusuri Kali Rau sejauh kurang lebih 500 meter. Saat menyusuri Kali Rau itu, ternyata masih banyak dijumpai sampah nonorganik seperti popok bekas dan sampah plastik. "Kami sangat menyayangkan terhadap warga yang masih suka membuang sampah ke sungai," tambah Beny.

Simak berita selengkapnya ...