Pantai Cemara, Wisata Edukasi Konservasi Mangrove dan Penyu di Banyuwangi

Pantai Cemara, Wisata Edukasi Konservasi Mangrove dan Penyu di Banyuwangi Penyu-penyu yang ada di tempat penangkaran Pantai Cemara, Banyuwangi.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.

Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancanegara maupun domestik berkunjung di Banyuwangi. Destinasi konservasi binatang yang dilindungi seperti penyu juga menjadi daya tarik sendiri bagi para traveler.

Traveler yang datang ke destinasi konservasi bisa belajar dan mengenal penyu mulai dari penangkaran sarang telur, penangkaran dan pembesaran tukik, hingga sampai dilepasliarkan di alam bebas.

Di Banyuwangi kota juga terdapat destinasi konservasi penyu yang berada di Pantai Cemara Lingkungan Rowo, Kelurahan Pakis. Munculnya wisata konservasi berkat kepedulian masyarakat nelayan lokal menyelamatkan sarang telur penyu dari binatang predator seperti biawak.

Setelah diselamatkan, sarang telur langsung ditangkar selama 46 hari sampai menetas. Lalu tukik dipelihara sampai masa pelepasliaran. Selain itu, konservasi di sini selain menjadi obyek wisata juga sebagai tempat edukasi kepada wisatawan untuk mengenal jenis penyu yang ditangkar di sini.

Muhyi, Kepala Kelompok Masyarakat dan Pengawas (Pokmaswas) mengatakan, dirinya bersama kelompoknya merintis menciptakan wisata konservasi mulai tahun 2014 dengan mencoba satu sarang telur penyu sebanyak 101 butir dengan hasil penetasan sebanyak 89 ekor.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO