Napi Lapas Kelas 1 Surabaya di Porong Jalani Swab Test Massal

Napi Lapas Kelas 1 Surabaya di Porong Jalani Swab Test Massal Para napi di Lapas Porong saat menjalani swab test.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 200 narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Surabaya di Porong, Sidoarjo, hari jni dilakukan swab test. Hal itu dilakukan menindaklanjuti sejauh mana sebaran Covid-19 di lingkungan Lapas.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Surabaya di Porong Sidoarjo, Gun Gun Gunawan mengatakan ini merupakan kali kedua tes swab dilakukan di lingkungan Lapas. Swab test pertama dilakukan pada Jumat (18/9) lalu.

"Kemarin ada 200, sekarang ada 200 lagi napi yang dilakukan swab test," cetus Gun Gun Gunawan, Senin (21/9/2020).

Swab test ini merupakan tindak lanjut pasca kesembuhan narapidana dari Covid-19. Mereka yang sebelumnya ditempatkan di blok khusus Covid-19, kini sudah dikembalikan ke blok masing-masing.

"Sampai saat jni tersisa empat narapidana yang masih dirawat di RS. Mereka memiliki penyakit penyerta (komorbid)," jelasnya.

Untuk melakukan swab test di lingkungan lapas Porong, pihaknya sudah bersurat kepada Gubernur Jatim dan Kemenkumham Jawa Timur, mengingat biaya yang harus dikeluarkan saat dilakukan swab test.

"Alhamdulillah gratis biayanya. Karena kita kan minim biaya untuk swab itu. Jadi kami sempat kirim surat ke gubernur dan menyatakan tentang kondisi lapas. Alhamdulillah disetujui," terangnya.

Pihaknya masih menunggu hasil swab test narapidana. Dia berharap, melalui swab test ini tidak ada lagi narapidana yang terpapar Covid-19. Mengingat, sebaran Covid-19 begitu cepat kepada siapa pun dan dimana pun.

"Kita lihat hasilnya nanti. Mudah-mudahan tidak ada lagi yang positif," pungkasnya. (cat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO