Jumat, 27 November 2020 14:50

Jelang Pilkada, Bupati Fadeli Ajak ASN Bijak Bermedsos

Rabu, 30 September 2020 14:47 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Jelang Pilkada, Bupati Fadeli Ajak ASN Bijak Bermedsos
ASN Pemkab Lamongan saat apel ikrar netralitas dalam Pilkada Lamongan 2020.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Lamongan Fadeli mengajak kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar berhati-hati dalam bermedsos, terutama saat menjelang pilkada serentak tahun 2020 ini. Namun, Fadeli menyakini bahwa ASN Kabupaten Lamongan bisa menjaga netralitas dan bijak serta profesional dalam menjaga pilkada tetap jujur, adil, dan aman.

Hal tersebut diungkapkannya saat memberikan pembinaan dalam Apel Ikrar Netralitas ASN Pada Pilkada Serentak Tahun 2020 di Pendopo Lokatantra, Kamis (30/9).

“Konsekuensi menjadi ASN, apalagi saat musim pilkada seperti ini sangatlah berat. Kinerja kita dipantau, diawasi. Saya ingatkan untuk berhati-hati saat bermedsos, jangan sedikit-sedikit update status, kirim gambar kirim video, apalagi yang mengarah pada paslon tertentu,” ucap Fadeli.

Fadeli mengakui, memang tak mudah bagi seorang ASN untuk netral dalam pilkada. Ia menilai bahwa ASN memiliki hak asasi yang sama dengan warga negara lainnya. Namun Fadeli yakin ASN di Kabupaten Lamongan mampu profesional dalam menjaga prinsip netralitas.

“Selain sebagai ASN, kita juga warga negara yang memiliki hak asasi yang sama dengan lainnya. Silakan memilih siapa saja, tapi harus cerdas, harus profesional. Karena ada sanksi yang menunggu jika tidak netral.” imbuhnya.

Lanjut Fadeli, sanksi maupun konsekuen yang akan diberikan apabila ASN terbukti melanggar netralitas, yakni berupa peringatan tertulis, teguran lisan, hingga pencopotan dari jabatan.

Secara terpisah, Ketua Bawaslu Kabupaten Lamongan Miftahul Badar mengapresiasi upaya Bupati Fadeli dalam komitmennya terhadap netralitas ASN.

“Kami pihak Bawaslu mengucapkan terima kasih kepada bapak bupati dan pemkab yang proaktif terhadap kasus netralitas ASN ini. Upaya kita saat ini lebih kepada membersamai, menjaga ASN agar bisa netral. Sehingga sebelum adanya potensi ketidaknetralan kita sudah bisa mencegahnya,” ungkapnya.

Selain upaya menjaga netralitas ASN, Badar juga mengimbau kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Lamongan untuk tetap menjaga rasa aman hingga pilkada berakhir nanti.

Pembinaan yang diikuti seluruh Kepala OPD, Camat, Kepala Sekolah tingkat SMA/SMK dan SMP se-Lamongan ini juga dibacakan ikrar netralitas ASN oleh Sekda Lamongan Heri Pranoto. Ikrar ini untuk mengingatkan agar ASN tetap menjaga dan menegakkan prinsip netralitas dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik, baik sebelum, selama, maupun sesudah pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020.

Selain itu juga menghindari konflik kepentingan, tidak melakukan praktik-praktik intimidasi dan ancaman kepada pegawai ASN, dan seluruh elemen masyarakat, serta tidak memihak kepada pasangan calon tertentu. Pun menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun. (qom/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Selasa, 10 November 2020 09:44 WIB
Oleh: M. Mas’ud Adnan --- Peristiwa 10 November 1945 adalah tonggak sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Sebab, pada momentum 10 November itulah, nasionalisme mendapat pemaknaan sangat signifikan dalam paradigma k...
Minggu, 22 November 2020 21:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Jumat, 06 November 2020 10:34 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...