Rabu, 21 Oktober 2020 06:17

​Peduli Lingkungan, Enam Wartawan di Kediri Deklarasikan ‘Forum Jurnalis Hijau’

Sabtu, 17 Oktober 2020 22:40 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Muji Harjita
​Peduli Lingkungan, Enam Wartawan di Kediri Deklarasikan ‘Forum Jurnalis Hijau’
Enam jurnalis saat mendeklarasikan Forum Jurnalis Hijau (FJH) di kawasan hutan lereng Gunung Wilis, tepatnya di kawasan hutan milik Perhutani di Goliman, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Sabtu (17/10). foto: muji harjita/ bangsaonline.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Lingkungan Hidup adalah isu yang sangat penting untuk dibahas. Namun, selama ini kurang mendapat perhatian dari media massa lantaran isu lingkungan dianggap kurang menarik. Maklum, isunya berkutat hanya itu-itu saja seperti hutan gundul, kebakaran hutan, sampah, kekeringan, dan banjir.

Namun anggapan tersebut ditepis oleh sekelompok jurnalis di Kediri yang peduli lingkungan. Kepedulian jurnalis terhadap lingkungan itu dimulai dari enam jurnalis yang mendeklarasikan Forum Jurnalis Hijau (FJH) di kawasan hutan lereng Gunung Wilis, tepatnya di kawasan hutan milik Perhutani di Goliman, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Sabtu (17/10).

Koordinator FJH, Nanang Masyhuri, menjelaskan bahwa selama ini jurnalis, khususnya di Kediri ini, memang agak kurang memberitakan isu-isu lingkungan. Bila ada pemberitaan, biasanya kalau ada pegiat lingkungan yang sedang melakukan aksi, seperti bersih-bersih popok di sungai atau sedang aksi tanam pohon.

"Dengan berdirinya Forum Jurnalis Hijau ini, kami berharap ke depan tidak hanya bisa menulis saja, tapi kami bisa ikut terlibat dalam setiap aksi, selama aksi itu tidak mengganggu tugas-tugas jurnalistik kami," kata Jurnalis BeritaJatim.com itu.

Menurut Nanang, selama ini sebenarnya sudah ada jurnalis yang peduli lingkungan itu seperti Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ). Bahkan SEIJ ini sudah terbentuk di 26 provinsi di Indonesia. "Tentu, ke depan kami akan menjalin komunikasi dengan SIEJ maupun dengan pegiat lingkungan lainnya baik yang ada di Kediri, maupun di kota-kota lain," imbuh Nanang.

Masih menurut Nanang, untuk tahap awal ini baru 6 jurnalis yang tergabung dalam Forum Jurnalis Hijau Kediri ini. Keenam jurnalis itu adalah Nanang yang untuk sementara didapuk sebagai koordinator, Ayu Citra dari RRI (Sekretaris) Linda dari AGTV.com (Bendahara) Yanuar Dedy dari KSTV (Wakil Koordinator), Didin Saputro dari Radar Kediri, dan Jito dari Harian Bangsa/BangsaOnline.com (Humas).

"Dengan adanya Forum Jurnalis Hijau ini, kami berharap isu-isu terkait lingkungan, khususnya di wilayah Kediri, dapat diangkat menjadi sebuah informasi atau pemberitaan sehingga dapat diketahui oleh masyarakat," pungkas Nanang.

Sementara Sanusi, Direktur Suar Indonesia menyambut baik pendeklarasian Forum Jurnalis Hijau ini. Dengan adanya FJH, nantinya akan memudahkan komunikasi antarpara pegiat lingkungan di Kedri.

Hal senada juga disampaikan oleh Budiman, Ketua Perkawis Kediri. "Kami berharap, dengan adanya Forum Jurnalis Hijau, para pegiat lingkungan tambah bersemangat lagi untuk menjaga lingkungan agar tetap hijau," ujar Budiman. (uji).

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 19 Oktober 2020 22:35 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri ternyata memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Namanya Air Terjun Ngleyangan. Sayangnya, untuk mencapai air terjun yang konon pernah dijadikan tempat bertapa Raja Kediri itu, sangat sulit ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Sabtu, 17 Oktober 2020 14:42 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...