Sabtu, 17 April 2021 21:50

​Peduli Lingkungan, Enam Wartawan di Kediri Deklarasikan ‘Forum Jurnalis Hijau’

Sabtu, 17 Oktober 2020 22:40 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Muji Harjita
​Peduli Lingkungan, Enam Wartawan di Kediri Deklarasikan ‘Forum Jurnalis Hijau’
Enam jurnalis saat mendeklarasikan Forum Jurnalis Hijau (FJH) di kawasan hutan lereng Gunung Wilis, tepatnya di kawasan hutan milik Perhutani di Goliman, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Sabtu (17/10). foto: muji harjita/ bangsaonline.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Lingkungan Hidup adalah isu yang sangat penting untuk dibahas. Namun, selama ini kurang mendapat perhatian dari media massa lantaran isu lingkungan dianggap kurang menarik. Maklum, isunya berkutat hanya itu-itu saja seperti hutan gundul, kebakaran hutan, sampah, kekeringan, dan banjir.

Namun anggapan tersebut ditepis oleh sekelompok jurnalis di Kediri yang peduli lingkungan. Kepedulian jurnalis terhadap lingkungan itu dimulai dari enam jurnalis yang mendeklarasikan Forum Jurnalis Hijau (FJH) di kawasan hutan lereng Gunung Wilis, tepatnya di kawasan hutan milik Perhutani di Goliman, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Sabtu (17/10).

Koordinator FJH, Nanang Masyhuri, menjelaskan bahwa selama ini jurnalis, khususnya di Kediri ini, memang agak kurang memberitakan isu-isu lingkungan. Bila ada pemberitaan, biasanya kalau ada pegiat lingkungan yang sedang melakukan aksi, seperti bersih-bersih popok di sungai atau sedang aksi tanam pohon.

"Dengan berdirinya Forum Jurnalis Hijau ini, kami berharap ke depan tidak hanya bisa menulis saja, tapi kami bisa ikut terlibat dalam setiap aksi, selama aksi itu tidak mengganggu tugas-tugas jurnalistik kami," kata Jurnalis BeritaJatim.com itu.

BACA JUGA : 

​Dulu, Ponpes Kapurejo Gunakan Jam Istiwak intuk Tentukan Waktu Salat

Perampokan Dengan Modus Tusuk Ban di Kediri, Uang Rp. 500 Juta Amblas

Rumah Pengurus Wajib Dipasangi Bendera PDI Perjuangan, Sambut Pileg 2024

Tanggul Sungai Kalasan Jebol, ​Puluhan Hektare Tanaman Padi di Kediri Terancam Gagal Panen

Menurut Nanang, selama ini sebenarnya sudah ada jurnalis yang peduli lingkungan itu seperti Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ). Bahkan SEIJ ini sudah terbentuk di 26 provinsi di Indonesia. "Tentu, ke depan kami akan menjalin komunikasi dengan SIEJ maupun dengan pegiat lingkungan lainnya baik yang ada di Kediri, maupun di kota-kota lain," imbuh Nanang.

Masih menurut Nanang, untuk tahap awal ini baru 6 jurnalis yang tergabung dalam Forum Jurnalis Hijau Kediri ini. Keenam jurnalis itu adalah Nanang yang untuk sementara didapuk sebagai koordinator, Ayu Citra dari RRI (Sekretaris) Linda dari AGTV.com (Bendahara) Yanuar Dedy dari KSTV (Wakil Koordinator), Didin Saputro dari Radar Kediri, dan Jito dari Harian Bangsa/BangsaOnline.com (Humas).

"Dengan adanya Forum Jurnalis Hijau ini, kami berharap isu-isu terkait lingkungan, khususnya di wilayah Kediri, dapat diangkat menjadi sebuah informasi atau pemberitaan sehingga dapat diketahui oleh masyarakat," pungkas Nanang.

Sementara Sanusi, Direktur Suar Indonesia menyambut baik pendeklarasian Forum Jurnalis Hijau ini. Dengan adanya FJH, nantinya akan memudahkan komunikasi antarpara pegiat lingkungan di Kedri.

Hal senada juga disampaikan oleh Budiman, Ketua Perkawis Kediri. "Kami berharap, dengan adanya Forum Jurnalis Hijau, para pegiat lingkungan tambah bersemangat lagi untuk menjaga lingkungan agar tetap hijau," ujar Budiman. (uji).

​Mengenang Masa Lalu, Ngabuburit Sambil Bermain Meriam Bambu
Jumat, 16 April 2021 22:03 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa, atau ngabuburit.Salah satunya seperti yang dilakukan bocah di Kota Pasuruan, Jawa Timur. mereka bermain meriam bambu di tanah lapang.Sepert...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 17 April 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Setelah banyak mendapat dukungan dari para tokoh, dokter, dan bahkan jenderal, tampaknya uji fase II Vaksin Nusantara akan lanjut. Tentu di luar BPOM.Apa itu Ilegal? Nah, silakan ikuti tulisan Dahlan Iskan di Disway d...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 17 April 2021 11:15 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...