Jumat, 27 November 2020 15:19

Pemkab Lamongan Mulai Genjot Pemulihan Ekonomi, Bantu Pemasaran Produk UMKM Hingga Tingkat Ekspor

Kamis, 22 Oktober 2020 01:07 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Pemkab Lamongan Mulai Genjot Pemulihan Ekonomi, Bantu Pemasaran Produk UMKM Hingga Tingkat Ekspor
Bupati Fadeli saat melihat contoh kemasan produk UMKM dari Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lamongan, Agus Suyanto. (foto: ist)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Tetap bergerak memanfaatkan momentum, beberapa sektor usaha masih bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19, di antaranya sektor tekstil dan produk tekstil, sektor kimia, farmasi, alat kesehatan, sektor makanan dan minuman, serta jasa telekomunikasi dan jasa logistik.

"Saya ucapkan terima kasih atas kerja kerasnya, tetap bertahan saat pandemi seperti ini. Saya meminta dinas koperasi untuk terus sosialisasi dan menjembatani keinginan pelaku usaha sebagai upaya memulihkan ekonomi nasional," tutur Bupati Lamongan, Fadeli dalam kegiatan Temu Usaha Koperasi Usaha Mikro Dengan Dunia Usaha yang digelar Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Rabu (21/10/2020).

Acara ini diikuti kurang lebih sejumlah 230 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Lamongan. Mereka diajak bangkit dengan pemasaran daring.

Dalam kegiatan tersebut Pemerintah Kabupaten Lamongan ingin mendorong pemasaran ekspor. Dengan menghadirkan narasumber dari Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia, Puji Tri Utomo dan Kepala Bidang Perdagangan Internasional Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lamongan, Choiruddin.

Fasilitas yang telah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan, meliputi aspek legalitas, pembinaan, sarana prasarana, dan permodalan. Disampaikan narasumber, sebelum memutuskan untuk ekspor pelaku usaha dapat mempelajari regulasi produk ekspor terlebih dahulu melalui EXIM.KEMENDAG.GO.ID; MACMAP.ORG; dan e-ska.kemedag.go.id/home.php/home/preferensi.

"Berbagai fasilitasi layanan disediakan oleh pemkab, seperti layanan pengurusan P-IRT secara gratis, pendaftaran merek, dan sertifikasi halal juga gratis. Sedangkan untuk pembinaan kami mengemasnya dalam bentuk pelatihan keterampilan bagi calon wirausaha baru, pembinaan manajemen bagi pelaku existing hingga studi tiru ke luar daerah terkait teknis maupun manajemen pemasaran," tutur Choiruddin.

Tidak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Lamongan juga berupaya dalam fasilitasi pemasaran dalam bentuk media promosi, menyediakan showroom, mengikutsertakan berbagai pameran dalam skala lokal hingga internasional, bekerja sama dengan marketplace, serta sinkronisasi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

"Media promosi yang kami gunakan di sini seperti baliho, event, website, dan medsos. Sedangkan showroom kami tersebar di kantor-kantor dinas, seperti kantor bupati, kantor pemkab, di WBL, dan Anjungan Jawa Timur di TMII Jakarta. Sementara marketplace yang telah bekerja sama dengan kami saat ini ada Bukalapak dan Bank Jatim. Tentunya semua program fasilitasi tersebut telah kami sinkronkan dengan program-program yang ada di kementerian maupun provinsi," lanjutnya.

Dengan diselenggarakan kegiatan ini, harapannya produktivitas terus meningkat, kualitas produk dan performa meningkat, pemasaran dapat meluas, dan hasil akhirnya kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lamongan juga turut meningkat.

"Alhamdulillah, penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lamongan dalam minggu ini mengalami penurunan, saat ini sudah memasuki zona kuning. Ke depannya saya berharap hasilnya lebih baik lagi, dan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat," pungkasnya. (qom/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Selasa, 10 November 2020 09:44 WIB
Oleh: M. Mas’ud Adnan --- Peristiwa 10 November 1945 adalah tonggak sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Sebab, pada momentum 10 November itulah, nasionalisme mendapat pemaknaan sangat signifikan dalam paradigma k...
Minggu, 22 November 2020 21:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Jumat, 06 November 2020 10:34 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...