Minggu, 20 Juni 2021 19:53

Pemkab Lamongan Mulai Genjot Pemulihan Ekonomi, Bantu Pemasaran Produk UMKM Hingga Tingkat Ekspor

Kamis, 22 Oktober 2020 01:07 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Pemkab Lamongan Mulai Genjot Pemulihan Ekonomi, Bantu Pemasaran Produk UMKM Hingga Tingkat Ekspor
Bupati Fadeli saat melihat contoh kemasan produk UMKM dari Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lamongan, Agus Suyanto. (foto: ist)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Tetap bergerak memanfaatkan momentum, beberapa sektor usaha masih bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19, di antaranya sektor tekstil dan produk tekstil, sektor kimia, farmasi, alat kesehatan, sektor makanan dan minuman, serta jasa telekomunikasi dan jasa logistik.

"Saya ucapkan terima kasih atas kerja kerasnya, tetap bertahan saat pandemi seperti ini. Saya meminta dinas koperasi untuk terus sosialisasi dan menjembatani keinginan pelaku usaha sebagai upaya memulihkan ekonomi nasional," tutur Bupati Lamongan, Fadeli dalam kegiatan Temu Usaha Koperasi Usaha Mikro Dengan Dunia Usaha yang digelar Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Rabu (21/10/2020).

Acara ini diikuti kurang lebih sejumlah 230 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Lamongan. Mereka diajak bangkit dengan pemasaran daring.

Dalam kegiatan tersebut Pemerintah Kabupaten Lamongan ingin mendorong pemasaran ekspor. Dengan menghadirkan narasumber dari Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia, Puji Tri Utomo dan Kepala Bidang Perdagangan Internasional Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lamongan, Choiruddin.

BACA JUGA : 

Resmi Dilantik, IKA PMII Lamongan Siap Bangun Sinergitas dengan Pemkab Bangkitkan Ekonomi

Peduli Lingkungan, Bupati Yuhronur Lakukan Pencanangan Penanaman Bambu

Secara Aklamasi, DPRD Lamongan Setujui Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2020

Lamongan Terpilih Uji Petik Pendampingan Tata Kelola MBS Terbaik

Fasilitas yang telah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan, meliputi aspek legalitas, pembinaan, sarana prasarana, dan permodalan. Disampaikan narasumber, sebelum memutuskan untuk ekspor pelaku usaha dapat mempelajari regulasi produk ekspor terlebih dahulu melalui EXIM.KEMENDAG.GO.ID; MACMAP.ORG; dan e-ska.kemedag.go.id/home.php/home/preferensi.

"Berbagai fasilitasi layanan disediakan oleh pemkab, seperti layanan pengurusan P-IRT secara gratis, pendaftaran merek, dan sertifikasi halal juga gratis. Sedangkan untuk pembinaan kami mengemasnya dalam bentuk pelatihan keterampilan bagi calon wirausaha baru, pembinaan manajemen bagi pelaku existing hingga studi tiru ke luar daerah terkait teknis maupun manajemen pemasaran," tutur Choiruddin.

Tidak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Lamongan juga berupaya dalam fasilitasi pemasaran dalam bentuk media promosi, menyediakan showroom, mengikutsertakan berbagai pameran dalam skala lokal hingga internasional, bekerja sama dengan marketplace, serta sinkronisasi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

"Media promosi yang kami gunakan di sini seperti baliho, event, website, dan medsos. Sedangkan showroom kami tersebar di kantor-kantor dinas, seperti kantor bupati, kantor pemkab, di WBL, dan Anjungan Jawa Timur di TMII Jakarta. Sementara marketplace yang telah bekerja sama dengan kami saat ini ada Bukalapak dan Bank Jatim. Tentunya semua program fasilitasi tersebut telah kami sinkronkan dengan program-program yang ada di kementerian maupun provinsi," lanjutnya.

Dengan diselenggarakan kegiatan ini, harapannya produktivitas terus meningkat, kualitas produk dan performa meningkat, pemasaran dapat meluas, dan hasil akhirnya kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lamongan juga turut meningkat.

"Alhamdulillah, penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lamongan dalam minggu ini mengalami penurunan, saat ini sudah memasuki zona kuning. Ke depannya saya berharap hasilnya lebih baik lagi, dan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat," pungkasnya. (qom/zar)

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...