Sabtu, 23 Januari 2021 20:53

Pjs. Bupati Mojokerto Pastikan Kesiapan Operasi Aman Nusa II Hadapi Potensi Bencana

Jumat, 06 November 2020 15:37 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Pjs. Bupati Mojokerto Pastikan Kesiapan Operasi Aman Nusa II Hadapi Potensi Bencana
Pjs. Bupati Mojokerto Himawan Estu Bagijo dan jajaran forkopimda mengecek kesiapan dapur umum dalam apel tagana. (foto: ist)

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pjs. Bupati Mojokerto, Himawan Estu Bagijo turut dalam apel Operasi Aman Nusa II. Giat Forkopimda Kabupaten Mojokerto ini sebagai bagian dari operasi tanggap bencana di wilayah hukum Polres Mojokerto.

Giat tersebut diwarnai acara pengecekan peralatan dapur umum tagana, tim satuan tanggap bencana BPBD, peralatan bencana seperti perahu, mobil tangki, mobil damkar, peralatan kesehatan dari Tim PMI Kabupaten Mojokerto, dengan dibantu personel Satpol PP dan relawan.

Pjs. Bupati Mojokerto, Himawan Estu Bagijo menyampaikan bahwa saat ini pemerintah sudah menyiapkan berbagai keperluan. Mulai logistik, tim kesehatan, hingga personel siaga.

Climate change itu lingkupnya sudah luas. Kita juga menghadapi ancaman pemanasan global. Pergerakan lempeng, prakiraan cuaca, curah hujan, sekarang semuanya bisa dipantau. Namun, tetap tidak semudah itu. Artinya, dari kita yang harus tetap siaga. Kita juga sudah berpengalaman dari waktu ke waktu. Tim pun sangat ready dengan semua instrumen kelengkapan,” kata Pjs. Bupati Mojokerto, Jumat (6/11/2020).

Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander menyampaikan apresiasi kepada seluruh personel dan stakeholder yang sudah bekerja mempersiapkan kesiapan tanggap bencana. Apalagi BMKG pusat sudah memberikan peringatan bencana tahunan yang sering terjadi di Indonesia seperti banjir, longsor, angin kencang, juga kebakaran hutan dan lahan.

Menurut Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander, diperlukan rencana yang baik dalam penanganan bencana maupun pascabencana.

“Bencana alam ini suatu waktu pasti akan berubah, maka rencana juga pasti berubah. Kita perlu melaksanakan review berdasarkan rencana kontingensi, melakukan latihan-latihan simulasi, agar rencana dapat berjalan baik. Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan dan perlindungan kepada kita sekalian,” kata Kapolres Mojokerto.

Sementara itu, Dandim 0815, Letkol Inf. Dwi Mawan Sutanto menyatakan bahwa personelnya telah siap untuk melaksanakan kerja bakti seperti membersihkan sumbatan-sumbatan aliran sungai.

“Selama pembersihan, kita sudah angkut 53 truk eceng gondok, dan 13 truk sampah bambu penyumbat sungai. Nanti yang belum, kita perintahkan danramil melakukan pengecekan daerah mana yang rawan bencana,” kata Dandim 0815. (yep/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...