Minggu, 17 Januari 2021 10:42

Tahun 2021, Lamongan Fokus Pemulihan Ekonomi

Rabu, 11 November 2020 16:49 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Tahun 2021, Lamongan Fokus Pemulihan Ekonomi
Bupati Lamongan, Fadeli saat menyerahkan nota keuangan kepada Ketua DPRD Lamongan, Abdul Ghofur. (foto: ist)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Menandai dimulainya rancangan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) tahun anggaran 2021 di Kabupaten Lamongan, Bupati Fadeli menyampaikan pengantar nota keuangan pada rapat paripurna, Rabu (11/11/2020).

Penyampaian ini merupakan salah satu rangkaian dari mekanisme penyusunan APBD setelah penetapan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran (PPA) yang sudah disepakati.

Menurut Fadeli, secara keseluruhan PAD (Pendapatan Asli Daerah) tahun 2021 diperkirakan mencapai Rp 2,929 triliun yang berarti mengalami penurunan 0,62 persen dari target pendapatan tahun lalu. Di mana dalam komponen PAD ditargetkan Rp 467.093.539.767 dan pendapatan transfer Rp 2.312.004.321.847,48.

“Walaupun diproyeksikan mengalami penurunan pada komponen PAD sebesar 3,41 persen dan pendapatan transfer sebesar 2,04 persen, pada komponen lain-lain pendapatan daerah yang sah ditargetkan Rp 150.744.338.106 sehingga mengalami peningkatan sebesar 44,61 persen dari tahun sebelumnya,” tutur Fadeli.

Sementara belanja daerah ditargetkan sebesar Rp 2,938 triliun, sehingga terjadi defisit sebesar Rp 5,5 miliar.

Sementara dari sisi pembiayaan, penerimaan pembiayaan daerah dialokasikan sebesar Rp 11 miliar dan pengeluaran daerah dialokasikan sebesar Rp 2,5 miliar. Dari kondisi tersebut didapat pembiayaan neto sebesar Rp 8,5 miliar, sehingga sisa lebih pembiayaan menjadi nol rupiah.

Meski diprediksi menghadapi tantangan yang cukup berat terutama dari sisi penerimaan, lanjut Fadeli, perbaikan tata kelola pemerintahan juga harus diupayakan guna menjaga keberlangsungan program dan prioritas kebijakan Pemerintah Kabupaten Lamongan.

“Pemerintah tetap memprioritaskan pembangunan Kabupaten Lamongan. Hal ini selaras dengan tema rencana kerja 2021, yakni mempercepat pemulihan ketahanan ekonomi dan kehidupan masyarakat dengan fokus pemerataan pembangunan untuk pertumbuhan berkualitas dan berdaya saing,” tutur Fadeli.

Fadeli menerangkan, pembangunan dalam bidang penanggulangan kemiskinan misalnya, yakni melalui peningkatan kualitas SDM dan peningkatan perekonomian serta peningkatan pelayanan pendidikan dan kesehatan yang merata dan berkualitas.

"Selanjutnya, pengurangan disparitas wilayah yakni melalui pembangunan infrastruktur pendukung, pertumbuhan perekonomian serta pengembangan komunikasi dan informatika. Pada pengembangan nilai tambah ekonomi yakni melalui pengembangan industri kecil menengah berbasis agro," terangnya.

"Kemudian peningkatan optimalisasi ketahanan pangan, energi serta pengelolaan sumber daya air dan pelestarian lingkungan dengan fokus pada program peningkatan distribusi dan cadangan pangan daerah," sambungnya.

"Sedangkan pengembangan stabilitas keamanan ketertiban pengelolaan potensi konflik serta pencegahan tindak kriminal demi kesuksesan pesta demokrasi dengan fokus pembangunan," tukasnya. (qom/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin---Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)---Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemajuan kebu...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...