Senin, 18 Januari 2021 08:35

Ajak Masyarakat Perangi Narkoba, Pemkab dan Polres Sumenep Gelar Apel Deklarasi Anti Narkoba

Jumat, 13 November 2020 20:42 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Alan Sahlan
Ajak Masyarakat Perangi Narkoba, Pemkab dan Polres Sumenep Gelar Apel Deklarasi Anti Narkoba
Apel Deklarasi Relawan Anti Narkoba di Lapangan Sanika Satyawada Polres Sumenep, Jumat (13/11/20).

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep bersinergi dengan polres setempat, mengimbau dan mengajak semua elemen masyarakat untuk perang terhadap narkoba. Hal ini seiring dengan peredaran narkoba di Indonesia semakin marak yang merambah pada semua kalangan masyarakat.

Parahnya, generasi muda menjadi sasaran, adalah semua tingkatan. Mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi tersentuh kasus narkoba semua, baik sebagai pengguna maupun pengedar.

“Maka, sangat relevan ketika kita menyatakan perang terhadap narkoba. Sebab narkoba adalah ancaman nyata bagi keamanan dan ketahanan negara Indonesia. Narkoba menjadi perang budaya baru untuk menghancurkan suatu negara. Musuh tidak perlu mengirimkan pasukan perang ke sebuah negara. Cukup mengirimkan narkoba saja masuk ke suatu negara, maka ketahanan negara itu akan melemah,” kata Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim saat sambutan Apel Deklarasi Relawan Anti Narkoba di Lapangan Sanika Satyawada Polres Sumenep, Jumat (13/11/20).

Kata bupati, hukuman mati bagi gerbong narkoba sangatlah tepat. Apalagi, narkoba ini juga merusak tatanan masyarakat, sebab bisa memicu kejahatan lainnya yang bisa mengacaukan sistem tatanan di dalamnya. "Sangat tepat jika narkoba dikatakan racun bagi generasi bangsa," cetusnya.

Berdasarkan data dari Polres Sumenep, imbuh bupati, sampai pekan kedua bulan November 2020, telah berhasil mengungkap 89 kasus narkoba dengan 137 tersangka, terdiri dari 130 laki-laki dan 7 perempuan.

“Dan barang bukti yang berhasil diamankan berupa sabu seberat 307,16 gram dan 10 butir pil. Sementara data rehabilitasi korban narkoba mencapai 29 orang, yang terbagi di BNNK, pondok pesantren, dan masjid,” imbuhnya.

Karena maraknya kasus narkoba itu, ia menyerukan kepada semua pihak untuk melawan narkoba secara bersama-sama, kolektif, dan berkelanjutan. "Jangan biarkan masa keemasan suatu bangsa terenggut akibat generasi penerus menjadi budak narkoba," ajaknya.

Melalui momentum ini, ia mengajak agar melakukan penguatan di tingkat keluarga. Peran orang tua harus sama-sama mengawasi pergaulan anak-anaknya. “Di era globalisasi ini, pergaulan menjadi faktor utama keterlibatan generasi muda terlibat narkoba,” pungkasnya. (aln//ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...