Seguri Gelar Kontes Ikan Guppy

Seguri Gelar Kontes Ikan Guppy Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, Nur Hafidz (pegang mik) dan Ketua Sentra Guppy Kediri, Yakup Bastian sebelum acara potong tumpeng. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Seguri (Sentra Guppy Kediri) akan menggelar kontes Ikan Guppy tingkat lokal di Markhas Kuliner Simpang Lima, Jalan Raya Kediri - Pare Desa Gogorante, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Minggu (22/11). Sebelum acara digelar, terlebih dulu digelar acara doa bersama dan tumpengan, yang dihadiri oleh panitia dan Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, Nur Hafidz.

Berdasarkan catatan panitia, event yang bertajuk Local Guppy Contest 1 Sentra Guppy ini akan dihadiri para pencinta Guppy dari Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Jombang, Mojokerto, Nganjuk, Tulungagung, Blitar, Malang, Trenggalek, Kediri. Tapi para pecinta ikan Guppy dari luar Jawa, juga ada yang mengirimkan ikan Guppy-nya untuk ikut lomba, termasuk para pecinta ikan Guppy dari kota-kota di Jawa Tengah.

Ikan Guppy atau Gupi adalah salah satu spesies air tawar yang paling populer di dunia. Karena mudahnya menyesuaikan diri dan beranak-pinak. Di banyak tempat di Indonesia, ikan yang punya nama ilmiah Poecilia Reticulata ini telah menjadi ikan liar yang memenuhi parit-parit dan selokan.

Ketua Seguri, Yakup Bastian, menjelaskan bahwa kontes ini akan memperebutkan Piala Seguri dan akan dipilih untuk juara 1, 2, 3, 4, dan 5. Kontes ini, lanjut Yakup, adalah kontes pertama.

"Ke depan, mungkin akan kami gelar latihan bersama setiap bulan. Kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perikanan Kabupaten Kediri yang telah mendukung dan men-support acara ini. Tak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada para sponsorship yang telah mendukung acara ini.

Menurut Yakup, yang dinilai dalam kontes ini adalah body, corak, dan warna. Ikan Guppy ini sudah dikonteskan dari tingkat lokal sampai internasional. "Bahkan minggu depan, tanggal 29 November 2020, akan ada kontes Ikan Guppy tingkat Internasional memperebutkan Piala Raja di Yogyakarta. Kediri sendiri akan mengirim satu tim dengan jumlah ikan 20 ekor," imbuh Yakup.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri Nur Hafidz, menjelaskan bahwa Dinas Perikanan sangat mendukung acara kontes ini. "Yang jelas kami sangat mendukung kontes Ikan Guppy ini, karena bisa-bisa mengangkat nama Kabupaten Kediri. Karena saat ini masih masa pandemi, pesertanya sangat dibatasi," kata Nur Hafidz, Sabtu (21/11).

Menurut Nur Hafidz, tugas dinas perikanan salah satunya adalah melakukan pembinaan dan pendampingan pada pelaku utama perikanan. Termasuk pendampingan saat temu usaha Guppy tahun 2020 atau kontes ikan Guppy yang digelar oleh Seguri ini. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO