Rabu, 28 Juli 2021 21:01

OCBC NISP Punya Solusi Keuangan Pebisnis Perempuan

Rabu, 25 November 2020 15:12 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Diyah Khoirun Nisa
OCBC NISP Punya Solusi Keuangan Pebisnis Perempuan
Dari kiri: MC, Presiden Direktur Bank OCBC NISP Parwati Surjaudaja, dan Pemilik Purana Design; Mbok Ndoro; Yats Colong, dan Koloka Potty, Nonita Respati. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - UMKM dikenal sebagai salah satu pilar penting perekonomian nasional. Data Bank Indonesia menyebutkan, 60 persen dari total 57,83 juta UMKM Indonesia ternyata dijalankan pengusaha perempuan. Studi juga menunjukan UMKM yang dimiliki pengusaha perempuan dapat memberikan kontribusi sebesar 9 persen terhadap total PDB nasional.

Namun tentunya dalam menjalankan usahanya, para pengusaha perempuan juga dihadapkan berbagai tantangan. Untuk membantu mereka, OCBC NISP menghadirkan program TAYTB Women Warriors.

Presiden Direktur Bank OCBC NISP, Parwati Surjaudaja mengatakan, program ini memiliki 3 pilar, yakni Manage, Grow, dan Live. Pada pilar Manage, membantu mengelola keuangan dengan mudah, aman, nyaman kapan saja dan di mana saja.

"Seperti solusi digital untuk transaksi pribadi dan bisnis, juga sebagai solusi layanan dan pelaporan elektronik, layanan kartu kredit, debit online, dan layanan SPT," terangnya, Rabu (25/11/2020).

BACA JUGA : 

Terima Bantuan Uang Tunai Rp 150 Juta dari ​BPMD Jember, Bupati Hendy: Ini Adalah Wujud Sinergisitas

LAZISNU Surabaya Salurkan Bantuan Rombong Bakso dan Modal Usaha

Pemkot Terus Berintervensi untuk Kembangkan UMKM di Surabaya

Kecamatan Genteng Surabaya Gelar Pameran UMKM dengan Transaksi Cashless

Ia juga menjelaskan terkait pilar Grow, program ini dapat menjadi solusi keuangan dan nonkeuangan. Untuk solusi keuangan seperti pendanaan mulai Rp 500 juta dan suku bunga kredit. Sementara nonkeuangan ini menjadi solusi beyond banking, yakni untuk e-commerce, accounting, pembayaran online, hingga social media.

"Dan pada pilar ketiga, solusi peningkatan kemampuan dan kualitas diri dengan membangun komunitas dan program edukasi," ujarnya.

Ia berharap, program ini menjadi solusi lengkap untuk finansial para pebisnis dan mendukung pertumbuhan ekonomi mereka. Pihaknya juga merasa terhormat menjadi mitra para pengusaha perempuan di Indonesia.

Pemilik Purana Design; Mbok Ndoro; Yats Colong, dan Koloka Potty, Nonita Respati bercerita terkait tantangan yang dihadapi dalam berbisnis. Menurutnya, tantangannya adalah pada saat baru memulai membentuk community atau menarik pelanggan. Namun banyak hal juga yang harus diperhatikan untuk terus mengelola bisnis sehingga terus berjalan.

"Karakter perempuan itu sangat mementingkan manajemen keuangan. Kadang mereka sangat berhati-hati dalam mengeluarkan uang. Memang ada sisi positif dan ada sisi negatifnya. Jadi menurut saya proyeksi dan analisis keuangan itu penting. Jadi kita harus menemukan partner keuangan yang cocok," terangnya. (diy/zar)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...