Minggu, 17 Januari 2021 10:03

15 Napi Lapas Blitar Terpapar Covid-19

Jumat, 27 November 2020 13:56 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Akina Nur Alana
15 Napi Lapas Blitar Terpapar Covid-19
Gerbang Lapas Kelas IIB Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 15 penghuni lembaga pemasyarakatan kelas II B Blitar positif terpapar Covid-19. Data Satgas Penanganan Covid-19 Kota Blitar menyebutkan, ada tambahan 15 kasus positif baru dari Kelurahan Kepanjenlor, Kecamatan Kepanjen Kidul.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Blitar Didik Djumianto mengaku, 15 orang itu berasal dari Lapas Kelas II B Blitar. Menurut dia, awalnya ditemukan seorang narapidana Lapas mengalami gejala mengarah ke Covid-19. Kemudian setelah dilakukan swab test, napi tersebut dinyatakan positif Covid-19.

"Dari kasus yang kita swab ada satu positif, terus kita kembangkan kontak eratnya, kita tracing. Kemudian 33 kontak erat kami swab dan hasilnya ada 14 orang lagi yang dinyatakan positif," ujar Didik, Jumat (27/11/2020).

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Keamanan Lapas Kelas II B Blitar Bambang Setiawan mengungkapkan, pihaknya telah mengambil sejumlah langkah terkait hal ini. Pihaknya meminta Satgas Covid-19 Kota Blitar memperluas tracing. Kemudian dilakukan swab test kepada semua penghuni Blok B di Lapas Kelas II Blitar. Ada sekitar 89 penghuni yang di-swab dan saat ini masih menunggu hasil.

"Saat ini untuk Blok B di Lapas Kelas II B Blitar diisolasi penuh. Selain itu, besok semua petugas dan pegawai Lapas juga akan menjalani tes swab agar kalau ada yang positif penularannya bisa segera diputus," jelas Bambang.

Bambang mengaku, selama ini penerapan protokol kesehatan sudah dijalankan di dalam Lapas. Pihaknya juga memberlakukan screening dan rapid test terhadap penghuni baru yang akan masuk lapas.

"Kami sudah melaksanakan prosedur dengan melakukan rapid test saat penerimaan tahanan. Dan di masa pandemi ini kami juga meniadakan kunjungan. Namun pada akhirnya masih ada yang positif," imbuhnya.

Untuk diketahui, Blok B Lapas Kelas II B Blitar tersebut dihuni narapidana manula di atas 50 tahun. Lapas Kelas II B Blitar sendiri saat ini dihuni oleh 455 warga binaan dari kapasitas 185 warga binaan. (ina/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 11 Januari 2021 16:42 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Kerusuhan politik yang dilakukan pendukung fanatik Presiden Donald Trump menelan banyak korban jiwa. Setidaknya, empat pendukung Trump dan dua polisi dikabarkan meninggal dunia terkait aksi demo anarkis di Gedung Cap...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...