Lapas Blitar Segera Direlokasi, ini Lokasinya

Lapas Blitar Segera Direlokasi, ini Lokasinya Petugas jaga Lapas Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B segera direlokasi. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi over kapasitas seperti yang terjadi saat ini.

Rencananya, lembaga pemasyarakatan yang biasa dikenal dengan Lapas itu bakal menempati aset milik pemerintah kota seluas 5 hektare yang dihibahkan ke Kanwil Kemenkumham Jatim di Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota

"Relokasi Lapas saat ini masih terus berproses. Jadi kan tidak mungkin pembangunan selesai satu tahun. Pembangunan lapas harus memiliki bangunan khusus, baik ketebalan tembok, dan di dalamnya juga ada fasilitas seperti rumah sakit serta tempat ibadah," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Imam Jauhari, saat dikonfirmasi, Kamis (26/1/2023)

Ia memperkirakan, pembangunan Lapas dilakukan selama tiga tahun dan sekarang merupakan memasuki proses pematangan lahan. Beberapa waktu lalu, Santoso selaku Wali Kota menyerahkan hibah tanah kepada Imam.

"Kalau pembangunan LP baru sudah selesai, baru nanti dibicarakan bangunan LP lama akan digunakan untuk apa," ujarnya.

Sementara itu, Santoso mengatakan bahwa kapasitas Lapas sudah overload, yang seharusnya dihuni 156 orang, sekarang dihuni lebih 500 orang. Nantinya, eks bangunan Lapas bisa dihibahkan ke pihaknya untuk kepentingan destinasi wisata cagar budaya.

"Kami ingin membantu agar pembangunan LP lebih representatif. Karena di LP itu yang menghuni juga warga Raya," ucap Santoso. (ina/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO