Senin, 18 Januari 2021 07:45

Heboh Maklumat Kiai Nawawi Abdul Jalil, Ternyata Dukung Gus Ipul, Bukan Teno

Sabtu, 28 November 2020 17:53 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fuad
Heboh Maklumat Kiai Nawawi Abdul Jalil, Ternyata Dukung Gus Ipul, Bukan Teno
Maklumat dukungan dari Kiai Nawawi untuk Gus Ipul yang ditulis menggunakan aksara pegon.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, KH. Nawawi Abdul Jalil menginstruksikan seluruh alumni santri serta warga Kota Pasuruan untuk mencoblos paslon nomor urut 01, Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Adi Wibowo (Mas Adi).

Instruksi ini disampaikan KH. Nawawi dalam sebuah maklumat tulisan tangan menggunakan aksara arab pegon. Instruksi ini ditulis sendiri oleh KH Nawawi dan dilengkapi tandatangannya.

Maklumat Kiai Nawawi ini sontak menghebohkan masyarakat Kota Pasuruan, terutama para alumni Pondok Pesantren Sidogiri. Sebab, sebelumnya juga beredar surat pernyataan dari Kiai Nawawi, bahwa dirinya mendukung paslon Teno-Hasjim (Tegas).

Bahkan surat pernyataan itu juga bertandatangan KH. Nawawi Abdul Jalil. Hanya saja, dalam surat pernyataan dukungan terhadap paslon Teno-Hasjim itu tidak menggunakan aksara arab pegon, melainkan menggunakan huruf alfabet. 

(BACA JUGA: Pengasuh Ponpes Sidogiri Tegaskan Dukung Teno-Hasjim, Instruksikan Alumni Ikut Menangkan Tegas)

Hingga berita ini ditulis, belum diketahui mengapa ada dua surat dukungan dari Kiai Nawawi Abdul Jalil, yakni yang satu untuk paslon Gus Ipul-Mas Adi, dan yang satu lagi untuk Teno-Hasjim.

Namun berdasarkan informasi yang dihimpun, selama ini Kiai Nawawi selalu menulis dengan aksara arab pegon.

Sementara usai menulis maklumat dukungan untuk Gus Ipul, Kiai Nawawi lantas minta KH. Kholil Nawawi (Gus Kholil), putranya, untuk memotret maklumat tulisan tangan ini guna disebarkan kepada seluruh alumni Santri Sidogiri yang ada di Kota Pasuruan.

Maklumat untuk mencoblos paslon nomer 01 ini kemudian diberikan langsung kepada Gus Ipul yang kebetulan saat itu dipanggil untuk sowan ke rumah Kiai Nawawi di Sidogiri.

“Saya selalu ikut kiai, apalagi saya ini juga santri yang dibimbing langsung Kiai Nawawi selama lebih dari 10 tahun terakhir,” kata Gus Ipul usai menerima maklumat dari Kiai Nawawi.

Berikut maklumat KH Nawawi yang ditulis dengan huruf arab pegon:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Saya Ahmad Nawawi Abdul Jalil, dengan ini mengimbau kepada seluruh warga Kota Pasuruan dan Simpatisan dan Alumni Santri Sidogiri, untuk milih dan mencoblos serta memperjuangkan kemenangan pasangan calon nomer 1, Gus Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Adi Wibowo dalam pemilihan Wali Kota Pasuruan tahun 2020.

Demikian harap diperhatikan.

Wasalam,,

Haji Ahmad Nawawi Abdul Djalil

Sidogiri, 27 November 2020. (afa/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...