Kamis, 13 Mei 2021 09:11

​Pemuda Pesisir Madura Usulkan Pengganti Edhy Prabowo dari Kalangan Profesional

Minggu, 29 November 2020 21:16 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Pemuda Pesisir Madura Usulkan Pengganti Edhy Prabowo dari Kalangan Profesional
Habisono, Ketua Pemuda Pesisir Madura (PPM) Jatim. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (25/11/20) lalu, terus menjadi perhatian publik. Setelah dinyatakan sebagai tersangka, Menteri asal Partai Garindra tersebut juga menyatakan mundur sebagai Menteri KKP sekaligus Waketum Partai Gerindra. 

Untuk mengisi kekosongan, Presiden Jokowi akhirnya meminta Luhut Binsar Panjaitan menggantikan Edhy Prabowo dan menjadi ad interim Menteri Kelautan dan Perikanan.

Hal tersebut mendapat perhatian dari Pemuda Pesisir Madura (PPM) Jawa Timur. Habisono, selaku Ketua PPM berharap pengganti Edhy Prabowo berasal dari kalangan profesional. Habi menilai kalangan profesional jauh dari kepentingan politik, sehingga bisa fokus bekerja. 

Ia mencontohkan Menteri KKP sebelumnya, Susi Pudjiastuti yang berasal dari profesional. Susi dianggap sukses dalam memimpin KKP dan menerjemahkan kebijakan Presiden Jokowi.

BACA JUGA : 

Bassra Bisa Jadi Daya Ungkit Percepatan Pembangunan Madura

Selama Penyekatan Mudik, Hanya Warga dari 3 Kota ini yang Boleh Masuk Madura

Tak Terdampak Pandemi, BKIPM Surabaya 1 Ekspor Ikan dan Produk Perikanan ke Sejumlah Negara

Politikus PKB Soroti Kinerja Bina Marga Kementerian PUPR Terkait Pembangunan Jalan Tol Madura

"Secara politik, memang Menteri KKP adalah jatah Partai Gerindra. Tapi jalau kami sebagai pemuda pesisir berharap penggantinya dari profesional," tukas pria yang akrab disapa Habi, Minggu (29/11/2020).

Urusan Kelautan dan Perikanan ini kata Habi, berkaitan dengan hajat orang banyak, berkaitan dengan nasib nelayan se-Indonesia. "Jadi, menterinya harus yang paham dengan kondisi nelayan dan dekat dengan nelayan," tandasnya.

Sebagai masyarakat Madura, yang rata-rata nelayan dan petambak garam, menteri yang baru diharapkan memiliki kepekaan dalam memberikan perlindungan dan pemberdayaan nelayan.

Ketika disinggung soal nama yang diusulkan, mantan aktivis HMI Sampang ini menjawab dengan diplomatis, bila soal nama merupakan hak prerogatif presiden. "Kalau siapa-siapanya itu hak presiden, kita hanya berharap sesuai kreteria yang kami usulkan," pungkasnya.

Untuk diketahui, sejumlah nama calon pengganti Edhy Prabowo sebagai Menteri KKP dari internal Partai Gerindra mulai bermunculan. Ada nama Ahmad Muzani (Wakil Ketua MPR RI/Sekjen Gerindra), Sufmi Dasco Ahmad (Wakil Ketua DPR RI/Ketua Harian Gerindra), Habiburohman (DPR RI/Waketum), Fadli Zon (DPR RI/Waketum), Sugiono (DPR RI/Waketum), dan Sandiaga Uno (Dewan Pembina Gerindra). Namun dari sejumlah nama, kandidat Menteri KKP mengerucut ke Sandiaga Uno dan Sugiono. (mdr/ian)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 13 Mei 2021 08:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Tulisan Dahlan Iskan tentang Revolusi Energi edisi 2 ini menarik dinikmati pada Hari Raya Idul Fitri. Memang tergolong berat dan berbobot. Tapi mudah dicerna. Apalagi ditulis secara "sederhana" dalam bentuk pointer-pointer ...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...