KPU Lamongan Temukan Ribuan Surat Suara Rusak

KPU Lamongan Temukan Ribuan Surat Suara Rusak Ketua KPU Lamongan Mahrus Ali menunjukkan contoh surat suara yang rusak. (foto: ist)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan menemukan dua ribuan surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Lamongan 2020 rusak. Surat suara yang rusak tersebut ditemukan dalam proses penyortiran dan pelipatan.

"Menurut laporan kemarin ada sebanyak 2.000-an kertas suara yang rusak, secara pastinya belum tahu," ujar Ketua Mahrus Ali, Senin (30/11/2020) siang.

Menurutnya, bentuk kerusakan surat suara pilbup tersebut bermacam-macam, mulai dari sobek hingga cetakan yang tidak sempurna. "Kerusakannya ada yang terlipat dari proses pengepakan, kemudian ada yang terpotong, warna pudar, serta ada juga yang sobek," katanya.

Jumlah surat suara yang rusak itu pun masih bisa bertambah, mengingat proses penyortiran dan pelipatan hingga saat ini masih berlangsung.

"Seluruh kertas suara pasti diganti dan untuk itu kita sudah koordinasi dengan pihak percetakan guna menyiapkan pengganti sesuai dengan jumlah yang rusak," ungkap Mahrus Ali.

Seperti diberitakan sebelumnya, menjelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lamongan 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan mencetak surat suara sebanyak 1.066.205 lembar. Jumlah tersebut berdasarkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) ditambah 2,5 persen untuk cadangan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO