Selasa, 09 Maret 2021 13:24

Wartawan Olahraga Otak Lewat Turnamen Catur Siwo PWI Kota Batu

Sabtu, 05 Desember 2020 16:44 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Wartawan Olahraga Otak Lewat Turnamen Catur Siwo PWI Kota Batu
Ketua KONI Kota Batu, Drs. Mahfud, saat membuka acara turnamen dengan melakukan langkah pertama bidak catur.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Batu menggelar olahraga silaturahim berupa turnamen catur, Sabtu 5 Desember 2020. Turnamen catur ini diikuti wartawan yang bertugas dan ada di Kota Batu bertempat di Kantor Siwo PWI, Jalan Hasanudin, Junrejo, Kota Batu.

Turnamen catur ini mempertandingkan sekitar 35 peserta yang merupakan kalangan wartawan menggunakan sistem Swiss. Mereka bertanding memperebutkan hadiah total jutaan rupiah yang disediakan Siwo PWI Kota Batu. Mereka yang berhak mendapatkan hadiah adalah juara pertama, kedua, dan tiga bersama.

"Turnamen catur kali ini khusus untuk wartawan. Mereka harus terbanding sungguh-sungguh sehingga menjadi juara dan berhak mendapatkan hadiah," ungkap Roy Mastur, Ketua Pelaksana Olahraga Silaturahim Turnamen Catur Siwo PWI Kota Batu.

Rencananya, Turnamen Catur Siwo PWI Kota Batu tersebut akan dibuka Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso. Namun orang nomor dua di Kota Batu itu berhalangan hadir. Akhirnya yang membuka acara yakni Ketua KONI Kota Batu, Drs Mahfud. Hadir dalam acara ini beberapa pejabat dan pimpinan instansi negeri dan swasta di Kota Batu.

Dalam turnamen catur, panitia sudah mendatangkan juri atau wasit catur dari Percasi Kota Batu. Hal itu dilakukan agar pertandingan benar-benar dilakukan secara fair dan akan diperoleh juara yang benar-benar layak.

Bagi Siwo PWI, turnamen catur ini juga digunakan sebagai pencarian bibit yang nantinya bisa diikutkan dalam Porwanas (Pekan Olahraga Wartawan Nasional) 2021 yang berlangsung di Malang Raya. Selain itu, turnamen juga melihat potensi kemampuan catur di antara wartawan untuk ajang lainnya.

"Sebenarnya kita sudah merancang untuk kegiatan catur on the river. Rencana awal, pertandingan itu ada kelas khusus wartawan dan umum atau pelajar. Catur on the river juga ada sisi uniknya dan sisi pariwisata, demi mendukung Pemkot Batu dan KONI Kota Batu mewujudkan sports tourisme di Kota Batu. Namun karena pandemi Covid-19 melanda Indonesia, termasuk Kota Batu, kegiatan menjadi sangat terbatas," terang Mastur.

Catur, kata dia, merupakan olahraga otak. Olahraga jenis ini sangat cocok untuk para wartawan yang setiap hari bertugas liputan hingga mengolah data-data menjadi berita. Olahraga catur ini juga menjadi kegiatan refreshing bagi para wartawan Kota Batu yang setiap hari memiliki jadwal padat melakukan kegiatan jurnalistik.

"Selain itu, kegiatan seperti ini juga untuk ajang silaturahim antara wartawan dengan beberapa undangan, pejabat atau bahkan nara sumber," terang Bendahara Siwo PWI Kota Batu ini. (asa/rev)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Selasa, 09 Maret 2021 06:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ternyata banyak orang – bahkan pejabat - yang justru positif Covid-19 setelah vaksin sinovac. Loh? Kenapa? Lalu apa manfaat vaksin?Nah, tulisan Dahlan Iskan pagi ini, Selasa, 9 Maret 2021, menjawab pertanyaan-pertany...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 06 Maret 2021 14:06 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...