Percasi Jember Apresiasi Turnamen Catur yang Digelar Sahabat Tino

Percasi Jember Apresiasi Turnamen Catur yang Digelar Sahabat Tino Suasana saat pertandingan freestyle catur dengan aturan 'Swiss' di Jember yang digelar Sahabat Tino.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Ketua Pengcab Percasi , Sukarsih Sakila, mengapresiasi Sahabat Tino, selaku penyelenggara pertama turnamen unik di Jawa Timur. Kegiatan itu berlangsung di Gedung DPD Golkar , Minggu (8/1/2023). 

“Kami dari Percasi selalu support, siapapun yang peduli terhadap olahraga . Saya applause sekali pada ide (turnamen) ini,” ujarnya.

Turnamen pada level non master dengan tajuk Freestyle Chess tersebut dilaksanakan dengan sistem atau aturan pertandingan ‘Swiss’. Sehingga dalam penilaiannya, para peserta turnamen akan diranking dengan terus bertanding selama 8 babak secara berturut- turut.

Pemain menang akan terus dipertandingkan dengan pemenang lainnya, sebaliknya, pemain kalah juga akan terus dipertandingkan dengan pemain kalah lain, sampai 8 babak pertandingan kilat 5 menit. Selain itu, adapun kategori lain, yakni kelompok yang dilakukan oleh masing-masing 3 orang dalam satu kelompok, dengan batasan waktu 10 menit.

Menurut Sukarsih, turnamen itu merupakan salah satu bentuk sosialisasi olahraga kepada khalayak yang lebih luas. Dengan demikian, hal ini sama halnya dengan mendukung apa yang dilakukan pihaknya.

“Catur identik dengan olahraga yang berfikir, serius, namun (Sahabat Tino) ini mengemas dengan freestyle chess, unik yang sangat kreatif.” ujarnya.

Sebagai turnamen yang Sukarsih sebut sebagai pembuka di tahun ini, ia mengatakan bahwa akan ada banyak laga ke depan. Ia mengingat kembali bahwa pernah mencapai masa keemasan di ranah , yakni pada tahun 2014, dengan Percasi di bawah kepemimpinan Teguh. Sehingga ia pun ingin kembali merebut masa kejayaan tersebut dengan gencar menyiapkan bibit atlet .

“Saya juga applause terhadap atlet- atlet junior yang ikut berkompetisi, alhamdulillah di sudah mulai bergerak dan rame lagi,” pungkasnya.

Pihaknya menaruh besar harapan di masa kepengurusannya, akan lebih banyak atlet unggul yang lahir, mengingat, sudah cukup banyak juga peserta turnamen mulai dari usia di bawah 12 tahun (U-12) hingga umum. (yud/bil/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO