Minggu, 09 Mei 2021 21:33

Pilbup Lamongan, Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Digelar 16 Desember Mendatang

Minggu, 13 Desember 2020 16:09 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Pilbup Lamongan, Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Digelar 16 Desember Mendatang
Mahrus Ali, Ketua KPU Kabupaten Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Rekapitulasi suara hasil pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lamongan 2020 yang digelar 9 Desember lalu akan dilakukan pada tanggal 16 Desember mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan, Mahrus Ali mengatakan, saat ini rekap atau penghitungan suara hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lamongan baru dilakukan di tingkat kecamatan.

“Terkait hasil pilkada, kita mengikuti tahapan dan mekanisme sampai rekap kabupaten dalam jumlah perolehan suara masing-masing paslon. Saat ini, tahapannya baru rekap tingkat kecamatan,” kata Mahrus Ali, Minggu (13/12) siang.

Menurut Mahrus, tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilbup Lamongan 2020 berhasil mencapai 77,6 persen. Angka partisipasi itu melampaui target nasional yang ditetapkan sebesar 77,5 persen.

BACA JUGA : 

Sah! KPU Tetapkan Yuhronur Efendi-K.H. Abdul Rouf sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lamongan Terpilih

Permohonan Rival Ditolak MK, Bupati dan Wabup Lamongan Terpilih Sujud Syukur

Perolehan Suara Pilbup Lamongan 2020 Resmi Ditetapkan, Ini Hasilnya

Bawaslu Lamongan Selidiki Dugaan Pelanggaran Pemilu di SMAN 2

"Angka partisipasi pilbup tahun ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, jika dibandingkan partisipasi pada Pilbup Lamongan tahun 2015, yang hanya sebesar 60,27 persen," ungkapnya.

Ditambahkanya, peningkatan partisipasi masyarakat dipengaruhi beberapa hal, di antaranya adalah keberhasilan sosialisasi dan juga ketatnya persaingan ketiga kontestan.

“Selain sosialisasi yang secara maksimal kita lakukan, kenaikan angka partisipasi juga karena kontestasi di Lamongan ini tergolong ketat, sehingga berpengaruh terhadap partisipasi masyarakat,” terangnya.

Selain itu, Mahrus juga menegaskan pelaksanaan Pilkada Lamongan ini juga berjalan lancar dan aman.

Seperti diketahui, Pasangan Yuhronur Efendi - KH Abdul Rouf sudah mendeklarasikan diri unggul dalam Pilkada Lamongan menurut hasil hitung cepat lembaga survei Pusdeham.

“Kemenangan Pasangan Yuhronur Efendi-KH Abdul Rouf atau Yesbro adalah kemenangan seluruh masyarakat Lamongan. Seluruh relawan agar tetap menjaga sikap dan senantiasa menjaga situasi tetap aman, nyaman dan kondusif,” kata Ketua Tim Pemenangan Yuhronur Efendi-KH Abdul Rouf, Deby Kurniawan.

“Jangan melakukan kegiatan-kegiatan yang berlebihan, euforia yang berlebihan, mari kita jaga Lamongan agar tetap tenteram, karena ini adalah kemenangan warga Lamongan tanpa kecuali,” terang Deby Kurniawan saat mengumumkan hasil hitung cepat lembaga survei Pusdeham itu.

Sementara itu, Calon Bupati (Cabup) Yuhronur Efendi mengungkapkan, perolehan suara dari hitung cepat hasil hitung cepat yang dilakukan Pusdeham, yakni pasangan nomor urut 01 Suhandoyo - Astiti Suwarni memperoleh 244.433 suara atau 37,48 persen.

Sementara Pasangan 02 Yuhronur Efendi - Abdul Rouf mendapatkan 279.079 suara atau 42,79 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 03 Kartika Hidayati - Saim (Karsa) mendapatkan 128.712 suara atau 19,73 persen.

"Dari 27 kecamatan di Lamongan, pasangan Yesbro berhasil unggul di 19 Kecamatan. Sementara di 8 kecamatan lain unggul paslon lain," klaimnya. (qom/ian) 

Bernuansa Menara Kudus, Mushola An-Nabaat Diresmikan Wabup Nganjuk
Minggu, 09 Mei 2021 00:50 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Cita Indonesia Group, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, pertanian, dan peternakan, meresmikan Mushola An-Nabaat yang berlokasi di Desa Batembat Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Peresmian mushola ini dil...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...