Minggu, 28 Februari 2021 02:36

Pilbup Lamongan, Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Digelar 16 Desember Mendatang

Minggu, 13 Desember 2020 16:09 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Pilbup Lamongan, Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Digelar 16 Desember Mendatang
Mahrus Ali, Ketua KPU Kabupaten Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Rekapitulasi suara hasil pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lamongan 2020 yang digelar 9 Desember lalu akan dilakukan pada tanggal 16 Desember mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan, Mahrus Ali mengatakan, saat ini rekap atau penghitungan suara hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lamongan baru dilakukan di tingkat kecamatan.

“Terkait hasil pilkada, kita mengikuti tahapan dan mekanisme sampai rekap kabupaten dalam jumlah perolehan suara masing-masing paslon. Saat ini, tahapannya baru rekap tingkat kecamatan,” kata Mahrus Ali, Minggu (13/12) siang.

Menurut Mahrus, tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilbup Lamongan 2020 berhasil mencapai 77,6 persen. Angka partisipasi itu melampaui target nasional yang ditetapkan sebesar 77,5 persen.

"Angka partisipasi pilbup tahun ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, jika dibandingkan partisipasi pada Pilbup Lamongan tahun 2015, yang hanya sebesar 60,27 persen," ungkapnya.

Ditambahkanya, peningkatan partisipasi masyarakat dipengaruhi beberapa hal, di antaranya adalah keberhasilan sosialisasi dan juga ketatnya persaingan ketiga kontestan.

“Selain sosialisasi yang secara maksimal kita lakukan, kenaikan angka partisipasi juga karena kontestasi di Lamongan ini tergolong ketat, sehingga berpengaruh terhadap partisipasi masyarakat,” terangnya.

Selain itu, Mahrus juga menegaskan pelaksanaan Pilkada Lamongan ini juga berjalan lancar dan aman.

Seperti diketahui, Pasangan Yuhronur Efendi - KH Abdul Rouf sudah mendeklarasikan diri unggul dalam Pilkada Lamongan menurut hasil hitung cepat lembaga survei Pusdeham.

“Kemenangan Pasangan Yuhronur Efendi-KH Abdul Rouf atau Yesbro adalah kemenangan seluruh masyarakat Lamongan. Seluruh relawan agar tetap menjaga sikap dan senantiasa menjaga situasi tetap aman, nyaman dan kondusif,” kata Ketua Tim Pemenangan Yuhronur Efendi-KH Abdul Rouf, Deby Kurniawan.

“Jangan melakukan kegiatan-kegiatan yang berlebihan, euforia yang berlebihan, mari kita jaga Lamongan agar tetap tenteram, karena ini adalah kemenangan warga Lamongan tanpa kecuali,” terang Deby Kurniawan saat mengumumkan hasil hitung cepat lembaga survei Pusdeham itu.

Sementara itu, Calon Bupati (Cabup) Yuhronur Efendi mengungkapkan, perolehan suara dari hitung cepat hasil hitung cepat yang dilakukan Pusdeham, yakni pasangan nomor urut 01 Suhandoyo - Astiti Suwarni memperoleh 244.433 suara atau 37,48 persen.

Sementara Pasangan 02 Yuhronur Efendi - Abdul Rouf mendapatkan 279.079 suara atau 42,79 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 03 Kartika Hidayati - Saim (Karsa) mendapatkan 128.712 suara atau 19,73 persen.

"Dari 27 kecamatan di Lamongan, pasangan Yesbro berhasil unggul di 19 Kecamatan. Sementara di 8 kecamatan lain unggul paslon lain," klaimnya. (qom/ian) 

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Sabtu, 27 Februari 2021 06:11 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Perdebatan Dahlan Iskan, wartawan kawakan, dengan Irwan Hidayat, pemilik pabrik jamu Sido Muncul ini menarik. Irwan Hidayat mengaku sukses karena hoki, bukan hasil kerja keras. Tapi Dahlan Iskan menolak, tak percaya...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...