Pilbup Lamongan, Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Digelar 16 Desember Mendatang

Pilbup Lamongan, Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Digelar 16 Desember Mendatang Mahrus Ali, Ketua KPU Kabupaten Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Rekapitulasi suara hasil pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lamongan 2020 yang digelar 9 Desember lalu akan dilakukan pada tanggal 16 Desember mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan, Mahrus Ali mengatakan, saat ini rekap atau penghitungan suara hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lamongan baru dilakukan di tingkat kecamatan.

“Terkait hasil pilkada, kita mengikuti tahapan dan mekanisme sampai rekap kabupaten dalam jumlah perolehan suara masing-masing paslon. Saat ini, tahapannya baru rekap tingkat kecamatan,” kata Mahrus Ali, Minggu (13/12) siang.

Menurut Mahrus, tingkat partisipasi masyarakat dalam berhasil mencapai 77,6 persen. Angka partisipasi itu melampaui target nasional yang ditetapkan sebesar 77,5 persen.

"Angka partisipasi pilbup tahun ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, jika dibandingkan partisipasi pada Pilbup Lamongan tahun 2015, yang hanya sebesar 60,27 persen," ungkapnya.

Ditambahkanya, peningkatan partisipasi masyarakat dipengaruhi beberapa hal, di antaranya adalah keberhasilan sosialisasi dan juga ketatnya persaingan ketiga kontestan.

“Selain sosialisasi yang secara maksimal kita lakukan, kenaikan angka partisipasi juga karena kontestasi di Lamongan ini tergolong ketat, sehingga berpengaruh terhadap partisipasi masyarakat,” terangnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO