Minggu, 09 Mei 2021 21:37

​Aksi Kawanan Pencuri di Jombang Digagalkan Warga, Satu Pelaku Masih di Bawah Umur

Minggu, 27 Desember 2020 18:08 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Aan Amrulloh
​Aksi Kawanan Pencuri di Jombang Digagalkan Warga, Satu Pelaku Masih di Bawah Umur
Ketiga pelaku saat diamankan di Mapolsek Gudo.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Kawanan pencuri asal Kediri berhasil digagalkan warga saat melakukan aksi nekatnya di Dusun Iber-iber, Desa Sukoiber, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang, Minggu (27/12/20).

Ketiga pelaku berhasil dibekuk polisi setelah berupaya mengambil sepeda motor dari rumah warga, sekira pukul 10.30 WIB.

Kapolsek Gudo, AKP M Agus mengungkapkan, tiga perampok yang diketahui bernama Andik (29), MF (16), dan Edo Setiawan (20), tiba-tiba saja mendatangi rumah milik korban bernama Aan Candra Wijaya (49).

“Aksi ketiga pelaku ini terbilang nekat. Mereka mendatangi rumah yang dalam keadaan kosong dan hanya anak korban saja yang berada dalam rumah. Saat ini, ketiganya sudah diamankan di Mapolsek Gudo, satu pelaku masih pelajar SMK kelas 1. Hingga kini pemeriksaan intensif masih dilakukan kepada ketiganya,” terangnya.

BACA JUGA : 

Gasak Ratusan Kayu Jati di Wonosalam Jombang, 7 Orang Diringkus Polisi

Setubuhi Dua Anak Tirinya dengan Modus Minta Pijat, Pria di Jombang Diringkus Polisi

Polres Jombang Ungkap Ratusan Kasus dalam Operasi Pekat Semeru Selama Dua Pekan

​Anjal Asal Ciamis Dibacok Pemuda di Jombang, Ibu Jari Putus

Dijelaskan kapolsek, pelaku saat sampai di rumah korban langsung berbagi peran. Andik sebagai eksekutor bertugas masuk ke rumah korban, sedangkan dua rekannya menunggu di luar. Korban yang saat itu sendirian ditodong dengan pisau, kemudian tangannya diikat dengan tali rafia.

“Pelaku ini datang dan langsung menadahkan senjata tajam berupa pisau dan mengancam korban sembari meminta sepeda motornya. Pelaku juga sempat mendorong korban keluar hingga ke sampai pagar depan rumahnya. Namun saat pelaku mengeluarkan sepeda motor, korban berteriak meminta tolong,” beber Agus.

Teriakan korban kemudian memancing sejumlah warga keluar dari rumahnya. Ketiga pelaku sudah sempat mendorong sepeda motor korban, namun berhasil dihentikan warga. Aksi saling tarik berebut sepeda motor sempat terjadi.

“Motor akhirnya terlepas dari pelaku, salah satu warga sempat terkena cakaran, pelaku juga berhamburan melarikan diri,” imbuhnya.

Nahas, baru beberapa ratus meter melarikan diri, ketiganya berhasil dibekuk warga. Mereka pun nyaris jadi bulan-bulanan warga yang sudah geram. Beruntung, petugas kepolisian segera datang dan langsung mengamankannya ke Mapolsek Gudo untuk diperiksa lebih lanjut.

“Kita amankan, mereka sudah mengakui perbuatannya. Bahkan salah satu pelaku bernama Andik, merupakan warga suami dari warga Iber-iber, tetangga korban sendiri,” tegas kapolsek.

Tak hanya mengamankan pelaku, polisi juga menyita sejumlah barang bukti berupa pisau stainless, tali rafia, dan sepeda motor Honda Supra Fit yang digunakan pelaku beraksi. Selain itu, sepeda motor Honda Beat milik korban yang gagal dicuri, juga diamankan sebagai barang bukti.

“Seluruhnya kita sudah tetapkan sebagai tersangka, pasal yang dijeratkan yakni 365 KUHP, tentang pencurian dengan pemberatan. Sedangkan untuk pelaku yang anak akan kita sesuaikan nanti perlakuannya,” pungkas Agus. (aan/ian)

Bernuansa Menara Kudus, Mushola An-Nabaat Diresmikan Wabup Nganjuk
Minggu, 09 Mei 2021 00:50 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Cita Indonesia Group, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, pertanian, dan peternakan, meresmikan Mushola An-Nabaat yang berlokasi di Desa Batembat Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Peresmian mushola ini dil...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...