Ramai Berita Isolasi Pasien Covid-19 di GOR Jayabaya, ​Pemkot Kediri: Itu Hoaks

Ramai Berita Isolasi Pasien Covid-19 di GOR Jayabaya, ​Pemkot Kediri: Itu Hoaks GOR Jayabaya Kota Kediri. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Beredar video berdurasi 24 detik menunjukkan kondisi pasien Covid-19 yang diduga sedang diisolasi. Dalam keterangan video tersebut, disebutkan bahwa isolasi itu berlokasikan di GOR Kediri.

Dalam video yang bertuliskan "Pasien Covid di GOR Kediri" itu, tampak sejumlah pasien sedang dirawat oleh petugas medis, lengkap dengan baju hazmat mereka. Petugas medis tersebut tampak sedang sibuk merawat puluhan pasien yang terbaring di atas sebuah matras di tengah lapangan. di aplikasi WhatsApp, video ini dinilai dapat meresahkan masyarakat.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Kediri dr. Fauzan Adima membantah bahwa kondisi tersebut terjadi di Kota Kediri. "Itu tidak benar, isolasi dan penanganan medis pasien Covid-19 oleh Pemkot Kediri dilakukan di RSUD Gambiran dan rumah sakit khusus Covid-19, Kilisuci," tegas pria yang menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri tersebut, Senin (28/12/2020) malam.

Menurut Fauzan, GOR Jayabaya memang sempat difungsikan untuk observasi pemudik lebaran lalu. Namun, sejak 1 Oktober 2020 GOR Jayabaya sudah tidak difungsikan untuk tempat observasi bagi pemudik lagi.

Hal itu dibenarkan oleh Nur Muhyar, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Kediri sebagai pengelola GOR Jayabaya Kota Kediri. "Sudah dapat dipastikan bahwa kabar tersebut adalah hoaks, saat ini kami tidak memfungsikan GOR Jayabaya Kota Kediri sebagai tempat isolasi Covid-19," ungkapnya.

"Pemerintah Kota Kediri berharap masyarakat selalu berhati-hati dalam mengonsumsi informasi melalui media sosial. Beredarnya berita hoaks semacam ini memaksa kita semua harus lebih selektif dalam menerima berita," pungkas Nur Muhyar.

Sebelumnya, video tersebut sempat beredar di daerah lain seperti di Jakarta yang menyebutkan bahwa Istora Senayan digunakan sebagai tempat isolasi Covid-19. Selain itu, lima hari sebelumnya video ini sempat "mampir" di Tulungagung dan menginformasikan bahwa GOR Lembupeteng difungsikan sebagai tempat isolasi. Tentu saja hal ini dibantah oleh pemerintah setempat. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO