Wali Kota Kediri Ajak Pejabat Lebih Responsif dan Adaptif

Wali Kota Kediri Ajak Pejabat Lebih Responsif dan Adaptif Drs. Syamsul Bahri, M.M. dilantik sebagai Kepala Dispendukcapil Kota Kediri dan Anik Kusmianingsih mengisi jabatan auditor pertama. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar melantik dan mengambil sumpah jabatan pejabat stuktural dan fungsional di lingkup Pemerintah Kota Kediri bertempat di Ruang Joyoboyo, Rabu (13/1) kemarin.

Pejabat yang dilantik dan diambil sumpah jabatan yaitu 1 orang pejabat struktural dan 12 orang pejabat fungsional. Dikarenakan masih dalam situasi pandemi Covid-19, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan menghadirkan dua orang peserta sebagai perwakilan untuk diambil sumpahnya secara langsung oleh Wali Kota Kediri. Sedangkan peserta lainnya mengikuti secara virtual.

Perwakilan Pejabat yang dilantik secara langsung tersebut adalah Drs. Syamsul Bahri, M.M. yang mengisi jabatan Pimpinan Tinggi Pratama sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kediri dan Anik Kusmianingsih mengisi jabatan auditor pertama. Sedangkan jabatan lain yang dilantik secara virtual di antaranya dokter ahli pertama, penera ahli muda, pengawas kemetrologian ahli muda, penilik ahli muda, auditor pertama, auditor pelaksana lanjutan, serta guru ahli pertama.

Khusus jabatan di lingkungan Dispendukcapil Kota Kediri harus sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri. Sehingga Kepala Dispendukcapil Kota Kediri baru dilantik hari ini, tidak bersamaan dengan pelantikan Jabatan Tinggi Pratama yang assessment-nya dilakukan bersamaan tahun lalu.

Kepada para pejabat baru tersebut, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyampaikan selamat dan harapan agar dapat mengemban amanah, tugas, dan tanggung jawab yang baru tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Saya ucapkan selamat dan sukses, yang saya lantik di depan saya kebetulan menjabat di dispendukcapil, ada dokter, guru, dan lain-lain. Saya harap, kita memiliki orientasi yang sama terkait pelayanan pemerintah di Kota Kediri, sehingga kerja tim kita bisa terwujud dengan baik dan sempurna. Orientasi kita adalah bekerja kepada masyarakat. Dalam sebuah tim besar, saya harap digerakkan semuanya, jadi tidak hanya salah satu yang bekerja supaya tidak memberatkan yang lain dan harus kerja tim,” ujarnya.

Selanjutnya, Wali Kota Kediri juga meminta agar para pejabat baru memiliki orientasi yang sama dan bisa langsung menyesuaikan diri. Wali Kota Kediri mengatakan bahwa kondisi saat ini dihadapkan pada disruption dan pandemi. Untuk itu, ia berharap para pejabat yang baru dilantik responsif, mampu menciptakan terobosan, dan menjadi orang yang kreatif dalam banyak hal.

“Saya berharap semua roda di pemerintahan berjalan dengan baik. Dan ada satu hal yang ingin saya sampaikan, bahwa kita dituntut untuk adaptif. Jadi segerakanlah untuk menyesuaikan diri. Banyak hal-hal baru yang bisa kita lakukan dan saat ini menjadi terobosan-terobosan di Pemerintah Kota Kediri. Berikan layanan kepada masyarakat, karena ekspektasi masyarakat kepada kita sangat besar, apalagi kita adalah kota jasa. Saya berdoa mudah-mudahan pelantikan ini membawa dampak yang baik untuk kita, khususnya untuk masyarakat Kota Kediri,” terangnya.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah Kota Kediri Siswanto, Asisten Administrasi Umum Chevy Ning Suyudi, dan Kepala BKPPD Kota Kediri Un Achmad Nurdin. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO