Ini 5 Upaya untuk Memajukan Kebudayaan Nasional Menurut Senadi Harjo

Ini 5 Upaya untuk Memajukan Kebudayaan Nasional Menurut Senadi Harjo

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Menurut Ketua Badan Kebudayaan Nasional (BKN) , Senadi Harjo, ada 5 upaya yang bisa dilakukan untuk memajukan budaya Indonesia.

"Lima upaya itu sesuai dengan amanat Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Bahwa untuk memajukan kebudayaan Nasional Indonesia, diperlukan langkah strategis.

Berikut 5 upaya menjaga kebudayaan nasional menurut Senadi Harjo:

1) Perlindungan, adalah upaya menjaga keberlanjutan kebudayaan yang dilakukan dengan cara inventarisasi, pengamanan, pemeliharaan, penyelamatan, dan publikasi.

2) Pengembangan, adalah upaya menghidupkan ekosistem kebudayaan serta meningkatkan, memperkaya, dan menyebarluaskan kebudayaan.

3) Pemanfaatan, adalah upaya pendayagunaan obyek pemajuan kebudayaan untuk menguatkan ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam mewujudkan tujuan nasional.

4) Pembinaan, adalah upaya pemberdayaan sumber daya manusia kebudayaan lembaga dan pranata kebudayaan dalam meningkatkan dan memperluas peran aktif dan inisiatif masyarakat.

5) Obyek pemajuan kebudayaan, adalah unsur kebudayaan yang menjadi sasaran utama pemajuan kebudayaan yang meliputi tradisi, manuskrip, adat istiadat, situs, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, seni, bahasa, permainan rakyat, dan olahraga Nasional. (sda1/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO