​Milenial dan Generasi Z Dominasi Proporsi Penduduk Jawa Timur Berdasarkan Usia

​Milenial dan Generasi Z Dominasi Proporsi Penduduk Jawa Timur Berdasarkan Usia Struktur Umur Penduduk Provinsi Jawa Timur Didominasi oleh Milenial dan Generasi Z. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sensus penduduk (SP) yang berlangsung pada Februari hingga Maret dan diperpanjang sampai Mei 2020, telah selesai. Beragam data muncul. Antara lain, jumlah penduduk, lanjut pertumbuhan penduduk, jenis kelamin, hingga penyebaran penduduk.

Gubernur mengatakan, data tersebut bisa menjadi acuan pemerintah provinsi dalam mengambil kebijakan. Saat ini, jumlah penduduk di mencapai 40,67 juta jiwa. Luas wilayah Provinsi 47,8 ribu kilometer persegi.

"Dengan begitu, tingkat kepadatan penduduk Provinsi mencapai 851 jiwa per kilometer persegi," katanya, Jumat (22/1/2021).

Pada 2010, jumlah penduduk di 37,48 juta jiwa. Bila dibandingkan dengan jumlah penduduk terkini, maka lajur pertumbuhan penduduk di mencapai 0,79 persen.

Khofifah juga mengatakan, hasil menunjukkan persentase penduduk yang domisilinya sesuai dan tidak sesuai dengan kartu keluarga. Rinciannya, 93,13 persen atau setara 37,87 juta penduduk berdomisili sesuai kartu keluarga. Sisanya, 6,87 persen atau setara dengan 2,79 juta penduduk domisilinya tidak sesuai kartu keluarga.

Saat ini, daerah dengan jumlah penduduk tertinggi masih Surabaya, yakni 2,87 juta jiwa. Daerah berikutnya adalah Kabupaten Malang, Jember, Sidoarjo, dan Banyuwangi. Khofifah menambahkan, daerah dengan jumlah penduduk paling rendah adalah Kota Mojokerto. "Yakni 132,43 ribu orang dalam satu kota," ungkapnya.

(Sebaran Penduduk Menurut Wilayah Kelompok Budaya)

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO