Banjir Jombang: Hari Kedua, Air Bertambah Tinggi, Warga Gondangmanis Mulai Mengungsi

Banjir Jombang: Hari Kedua, Air Bertambah Tinggi, Warga Gondangmanis Mulai Mengungsi Tampak seorang warga yang menggendong keluarga mereka yang lansia karena tidak mungkin melalui genangan air banjir.

Jombang, BANGSAONLINE.com - Semakin bertambahnya air akibat jebolnya tanggul Sungai Brawijaya yang masuk ke permukiman, membuat warga Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, terpaksa mengungsi, Jumat (05/02).

Pantauan di lokasi, warga beserta anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang melakukan evakuasi terhadap para lansia dan anak-anak dari Dusun Manisrenggo, Desa Gondangmanis. Para lansia harus digendong karena beberapa sudah tidak bisa jalan. Warga terpaksa mengungsi lantaran air yang menggenangi wilayah tersebut semakin bertambah hingga mencapai ketinggian sekitar satu setengah meter.

“Hari ini terpaksa mengungsi karena air sudah masuk ke rumah. Kalau kemarin itu masih belum, hanya selutut, sekarang sudah sepinggang saya,” ujar Siti (62), Warga Dusun Manisrenggo.

Para pengungsi terpaksa meninggalkan harta bendanya di dalam rumah karena lokasi evakuasi cukup jauh dari tempat tinggalnya. Hanya sebagian pakaian, perhiasan, serta surat-surat berharga yang dibawa. Sedangkan lokasi penampungan bagi warga yang mengungsi ditempatkan di Kantor Desa setempat.

“Cuma bawa pakaian, tapi hanya beberapa saja. Kalau barang-barang elektronik seperti TV, Magic com dan lain-lain masih di dalam, rumah sudah gak bisa bawa. Ini tadi saja sudah antre nunggu perahu penjemput,” imbuh nenek dua cucu ini.

“Katanya mau dibawa ke kantor desa, tapi saya rencananya ke rumah kerabat saja di Perak,” tukasnya.

BACA JUGA: Cerita Korban Banjir Bandang di Jombang: Saat Salat, Tiba-Tiba Terdengar Suara Seperti Gemuruh Ombak

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO