Sikapi Curah Hujan Tinggi, Pemkot Kediri Tambahkan Inlet Hingga Keruk Sungai

Sikapi Curah Hujan Tinggi, Pemkot Kediri Tambahkan Inlet Hingga Keruk Sungai Alat berat diturunkan untuk mempercepat pengerukan saluran air di Jalan Veteran Kota Kediri. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Curah hujan yang tinggi tidak jarang menimbulkan genangan-genangan karena volume air hujan melebihi kapasitas saluran air. Tidak mau hal ini berlarut-larut, Pemerintah Kota Kediri segera mengambil langkah dengan menelusuri akar permasalahan dan segera menanganinya.

"Beberapa hari lalu sempat terjadi genangan air yang ternyata diakibatkan oleh pendangkalan pada beberapa aliran sungai," ungkap Endang Kartika, Kepala Bidang Binamarga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Kediri, Sabtu (6/2).

Guna mengantisipasi terjadinya genangan, Sabtu (6/2/2021) hari ini dilakukan kegiatan pembersihan lanjutan terhadap saluran air secara manual. Kegiatan ini sudah dilakukan pada hari Kamis (4/2/2021) kemarin.

"Ada pendangkalan outlet di saluran yang ada di Taman Sekartaji yang disinyalir sebagai penyebab genangan air di Jalan Veteran," imbuhnya.

Adapun pengerukan saluran air di serta pembersihan saluran air dan penambahan inlet kali ini, guna memaksimalkan keluaran air (outlet), terutama saat terjadi hujan deras.

Sebelumnya, lanjut Endang, pihaknya telah melakukan pengerukan saluran air di depan SMAN 1 Kediri. "Biasanya air tidak pernah naik, kok sampai meluber ke jalan, jadi kami segera mengambil tindakan," tandasnya.

"Hari ini sengaja kita pakai mesin ekskavator guna memaksimalkan pengerukan dan mempercepat penanganan. Hal ini penting dilakukan, mengingat curah hujan yang tinggi di Kota Kediri akhir-akhir ini," kata Endang.

Endang menegaskan, bahwa penanganan genangan ini tidak berhenti setelah pengerukan dan penambahan inlet saja, melainkan akan terus dilakukan pemantuan lanjutan, untuk memastikan semua berjalan lancar.

"Kita agendakan pembersihan dan pengontrolan saluran air secara rutin supaya air bisa dengan lancar menuju ke Sungai Brantas," ujar Endang.

Meski demikian, Endang juga meminta peran aktif masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar. Seperti dengan tidak membuang sampah di sungai, serta rutin membersihkan lingkungan sekitar, untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan seperti genangan air. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pria di Kediri Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Api':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO