Rabu, 16 Juni 2021 14:56

​Dua Warga Pengungsi di Tanggul Brantas Jombang Meninggal Dunia, Keduanya Lansia

Senin, 08 Februari 2021 17:51 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Aan Amrulloh
​Dua Warga Pengungsi di Tanggul Brantas Jombang Meninggal Dunia, Keduanya Lansia
Kondisi pengungsian di atas Tanggul Sungai Brantas. (foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE)

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Dua warga pengungsi korban banjir akibat jebolnya Tanggul Sungai Avour Besuk yang berada di Tanggul Sungai Brantas di Desa/Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang meninggal dunia.

Kepala Desa Bandarkedungmulyo Zaenal Arifin membenarkan jika ada dua warganya yang meninggal dunia selama masa pengungsian. Mereka yaitu Zaini (60) dan Ija (80), kedua perempuan tersebut berasal dari Dusun Kedunggabus, Desa Bandarkedungmulyo. Keduanya mempunyai riwayat sakit yang sudah lama.

"Zaini meninggal hari Minggu (7/2/2021) kemarin, dengan riwayat sakit stroke yang sudah lama. Kami sempat membawanya ke rumah sakit dan akhirnya meninggal dunia. Beliau sempat dua malam menginap di tenda dengan kondisinya yang sakit-sakitan," ucapnya, Senin (8/2/2021).

"Jadi pihak keluarganya melapor ke kami Minggu pagi, namun sudah dalam kondisi kritis. Kemudian kami dengan ambulans desa langsung membawa ke rumah sakit, untuk mendapat perawatan. Siangnya sekitar pukul 13:00 WIB, meninggal dunia," imbuhnya.

BACA JUGA : 

Kabur Saat Ditangkap, Spesialis Curanmor di Jombang Ditembak Polisi

Bergerombol di Bawah Flyover, Belasan Remaja di Jombang Kocar-kacir Saat Dirazia Polisi

Jumat Berkah, Polisi di Jombang Berikan Bantuan kepada Warga Kurang Mampu dan Lansia di Masa Pandemi

Dinas Perkim Jombang Gelar Pelatihan PKM untuk Desa Penerima Program Kotaku

Satu warga lagi yang meninggal, lanjut Kades Bandarkedungmulyo, juga mengalami hal yang sama. Karena sakit yang sudah lama dan dibawa ke rumah sakit yang akhirnya meninggal dunia.

"Yang satunya sama, beliau juga sakit lama, dan dibawa ke rumah sakit, dan meninggal di rumah sakit pada tadi pagi," ungkapnya.

Disebutkan Kades Bandarkedungmulyo, warga yang mengungsi di Tanggul Brantas ada sebanyak 2.000 orang lebih yang merupakan pengungsi dari dua dusun, yakni Dusun Bandarkedungmulyo dan Dusun Kedunggabus. Saat ini, untuk pengungsi di tanggul tidak ada lagi lansia dan anak-anak, semua pengungsi kebanyakan laki-laki.

"Rata-rata orang laki-laki untuk menjaga harta benda dan segala macam. Dan kedua, gak ada lagi wanita tua, ibu-ibu lansia, itu semua yang di tanggul tinggal yang muda-muda. Sedangkan pengungsi yang sakit saat ini sudah dilarikan ke rumah sakit untuk perawatan," pungkasnya.

Hingga hari ini, kondisi banjir yang melanda Desa Bandarkedungmulyo akibat jebolnya Tanggul Sungai Avour Besuk sudah berangsur surut. Namun, para pengungsi masih belum bisa pulang ke rumahnya masing-masing lantaran masih ada beberapa titik yang debit airnya masih tinggi. (aan/zar)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Rabu, 16 Juni 2021 08:42 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Laksamana Sukardi, mantan politikus PDIP, menulis buku. Baru terbit. Ia menceritakan perisitiwa pemecatan dirinya sebagai Menteri BUMN. Yang hanya menjabat 6 bulan. Ia dipecat Presiden Gus Dur. Karena ada lapora...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...