Sabtu, 10 April 2021 21:23

​Gus Fawait, Ikon Pemuda Moderat di Jatim

Senin, 08 Februari 2021 22:00 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Gus Fawait, Ikon Pemuda Moderat di Jatim
Ahmad Maududi, S.H.I., M.H., Founder Gerakan Pemuda Moderat Nusantara. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dalam sejarah perjalanan bangsa ini, pemuda selalu memiliki peranan penting. Bisa dibilang tak ada perubahan yang lepas dari peranan pemuda. Mulai revolusi fisik hingga era reformasi. Tak salah kalau istilah agen perubahan disematkan pada pemuda.

Di era kekinian, di tengah derasnya paham trans nasional dan liberal, sosok pemuda moderat menjadi kebutuhan. Sosok pemuda panutan yang bisa menjadi inspirasi bagi pemuda lainnya untuk berbuat hal yang positif untuk bangsa ini.

"Kalau hari ini kita bicara ikon pemuda moderat di Jatim, saya kira Muhammad Fawait (Mufa) orangnya. Di usianya yang hari ini menginjak 33 tahun, beliau telah menunjukkan eksistensi sebagai tokoh pemuda yang menginspirasi banyak anak muda di Jatim," tutur Ahmad Maududi, Founder Gerakan Pemuda Moderat Nusantara (GPMN), Senin (8/2/2021).

Gus Dodi, demikian Ahmad Maududi kerap disapa melanjutkan, Muhammad Fawait yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPRD Jatim dari Fraksi Gerindra, membuktikan dirinya bisa menembus sekat-sekat yang ada di masyarakat. Tak heran kalau di daerah pemilihan Jember dan Lumajang ia bisa meraih suara terbanyak. Ia tak hanya terpilih kedua kalinya sebagai wakil rakyat, tapi Fawait adalah anggota DPRD Jatim dengan perolehan suara terbanyak.

BACA JUGA : 

​PAW F-PKB DPRD Jatim, Sekretaris Muslimat NU Trenggalek Gantikan Kiai Kusni

Jadi Anggota DPRD Jatim Fraksi Gerindra, Abdul Halim: Saya Sukses Berkat Doa Ibu

​Investasi Tumbuh 33,8%, Gubernur Khofifah Sampaikan LKPJ 2020: Realisasi Capaian 91,99%

Gus Ipul: Naiknya Pembangunan Kota Pasuruan Tingkatkan Indikator Pembangunan Jawa TImur

Gus Dodi, demikian Ahmad Maududi kerap disapa melanjutkan, Muhammad Fawait yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPRD Jatim dari Fraksi Gerindra, membuktikan dirinya bisa menembus sekat-sekat yang ada di masyarakat. Tak heran kalau di daerah pemilihan Jember dan Lumajang ia bisa meraih suara terbanyak. Ia tak hanya terpilih kedua kalinya sebagai wakil rakyat, tapi Fawait adalah anggota DPRD Jatim dengan perolehan suara terbanyak.

Menurut Dodi, perolehan suara rakyat itu adalah bentuk kepercayaan rakyat terhadap Fawait yang dinilai bisa mengemban amanah. Kepercayaan rakyat itu tentu tidak datang begitu saja. Semua berkat kebaikan dan nilai-nilai positif yang telah dilakukan Fawait sejak menjadi wakil rakyat.

"Gus Fawait sebagai anak muda berlatar belakang NU bisa mendapatkan kepercayaan rakyat yang berasal dari berbagai latar belakang. Beliau mendapatkan kepercayaan tidak instan, melalui pengabdian dan kerja nyata. Ini contoh sosok pemuda yang bisa mengimplementasikan muda adalah kekuatan," tegas Pengasuh Ponpes Luhur Al Husna tersebut.

Dodi mengungkapkan, yang luar biasa dari Fawait adalah, ia bukan sekadar memimpin tapi juga membina. Hal itu dibuktikan dengan Laskar Sholawat Nusantara yang ia bentuk.

Dodi menambahkan, Laskar Sholawat ini bukan hanya membumikan sholawat di tengah masyarakat. Tapi juga menjadi organisasi pemberdayaan dan pendampingan ekonomi bagi masyarakat.

"Laskar Sholawat Nusantara adalah bukti Gus Fawait sebagai sosok yang visioner. Ia bukan lagi sebagai tokoh pemuda tapi juga penggerak pemuda," pungkas putera tokoh NU, KH. Ali Maschan Moesa ini. (mdr/ian)

5 Kios Pasar Ranggeh Pasuruan Rusak Tertimpa Pohon
Sabtu, 10 April 2021 02:59 WIB
Pasuruan, BANGSAONLINE.com - Sebuah Pohon Trembesi roboh menimpa Pasar Ranggeh di Desa Karangsentul Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.Akibatnya, 8 kios milik pedagang rusakDelapan kios milik pedagang yang rusak itu terdiri dari toko kelontong, pertanian...
Senin, 05 April 2021 10:05 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com.com - Gua Jegles, begitu nama gua yang masih dalam pembenahan itu sering disebut. Gua yang terletak di Dusun Jegles, Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri tersebut saat ini memang sedang viral di media sosial (medso...
Sabtu, 10 April 2021 05:43 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.COM – Kapal super raksasa Ever Given ternyata masih ditahan pemerintah Mesir. Kapal milik perusahaan Jepang itu dimintai ganti rugi Rp14 triliun setelah sempat menyumbat Terusan Suez.Loh? Silakan simak tulisan Dahlan Iskan ...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...