RGR dan SuaR Kirim Bantuan pada Korban Banjir Jombang

RGR dan SuaR Kirim Bantuan pada Korban Banjir Jombang Dari kiri - Siswaningtri (RGR), Irma Yulianti (Koordinator RGR), Aji (Relawan), Malik (Ketua RT di Desa Kalipuro), dan Sanusi (Koordinator SuaR).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Banjir bandang akibat jebolnya tanggul Sungai Brawijaya yang masuk ke permukiman di beberapa desa di Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Kamis (4/2) lalu, mendorong pegiat kemanusiaan dari berbagai penjuru menunjukkan kepeduliannya.

Hal itulah yang juga dilakukan Relawan Gotong Royong (RGR) dan SuaR Indonesia Kediri. Kedua lembaga sosial tersebut berkolaborasi melaksanakan aksi kemanusiaan, dengan mengirimkan bantuan kepada di Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang.

Tidak hanya SuaR dan RGR, aksi kemanusiaan tersebut juga melibatkan PDKK (Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Kediri) dan STC Kediri. Mereka semua ingin ikut berbagi dengan saudaranya yang tertimpa musibah di Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang ini.

Irma Yulianti, Koordinator RGR Kediri menjelaskan, aksi kemanusiaan ini adalah bentuk kepedulian kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang.

"Kami mengirimkan bantuan berupa sabun deterjen, sabun cuci piring, sabun cuci tangan, sabun pel, kasur, roti, dan mesin pompa air," kata Irma, Sabtu (13/2).

Menurut Irma, bantuan selanjutnya akan dikirimkan secepatnya sampai musibah banjir ini bisa diatasi. Ditambahkan oleh Irma, dari pantauan di lapangan diketahui bahwa warga sampai saat ini masih bertahan tenda pengungsian di bantaran Sungai Brantas dan kondisinya sangat memprihatinkan. Terutama warga Desa Kalipuro, Kecamatan Bandarkedungmulyo.

"Mereka mengaku belum berani pulang karena kondisi rumah masih kotor dan bau. Mereka harus bertahan di tenda pengungsian sampai keadaan dinyatakan aman," pungkas Irma.

Sementara itu, Sanusi, Koordinator SuaR Indonesia menambahkan selain pangan, bantuan lainnya yang dikirimkan di antaranya berupa terpal, perlengkapan bayi, masker, kebutuhan lansia seperti popok orang dewasa, dan pakaian anak-anak.

"Kami tentunya akan terus memantau saudara kita yang saat ini sedang tertimpa musibah ini di Kecamatan Bandarkedungmulyo ini. Kami hanyalah bagian kecil dari kawan-kawan relawan lain yang bahkan ada yang mendirikan posko di lokasi bencana banjir," kata Sanusi seraya mengatakan bahwa dalam waktu secepatnya, pihaknya akan segera mengirimkan bantuan berikutnya. (uji/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO