Sabtu, 08 Mei 2021 19:30

RGR dan SuaR Kirim Bantuan pada Korban Banjir Jombang

Sabtu, 13 Februari 2021 15:21 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Muji Harjita
RGR dan SuaR Kirim Bantuan pada Korban Banjir Jombang
Dari kiri - Siswaningtri (RGR), Irma Yulianti (Koordinator RGR), Aji (Relawan), Malik (Ketua RT di Desa Kalipuro), dan Sanusi (Koordinator SuaR).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Banjir bandang akibat jebolnya tanggul Sungai Brawijaya yang masuk ke permukiman di beberapa desa di Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Kamis (4/2) lalu, mendorong pegiat kemanusiaan dari berbagai penjuru menunjukkan kepeduliannya.

Hal itulah yang juga dilakukan Relawan Gotong Royong (RGR) dan SuaR Indonesia Kediri. Kedua lembaga sosial tersebut berkolaborasi melaksanakan aksi kemanusiaan, dengan mengirimkan bantuan kepada korban banjir di Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang.

Tidak hanya SuaR dan RGR, aksi kemanusiaan tersebut juga melibatkan PDKK (Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Kediri) dan STC Kediri. Mereka semua ingin ikut berbagi dengan saudaranya yang tertimpa musibah di Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang ini.

Irma Yulianti, Koordinator RGR Kediri menjelaskan, aksi kemanusiaan ini adalah bentuk kepedulian kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang.

BACA JUGA : 

Lagi, RGR Salurkan Bantuan Sembako pada 80 Lansia dan Difabel

Terus Perjuangkan Raperda Pengelolaan dan Perlindungan Sumber Air, ARPL Temui Kadisparbud

Peringati HUT ke-2, 87 Lovers WWN Kediri Gelar Bukber dengan ODGJ

Gelar Baksos di Bulan Suci, RGR Kota Kediri Bagikan Sembako di Area Pemakaman Tionghoa

"Kami mengirimkan bantuan berupa sabun deterjen, sabun cuci piring, sabun cuci tangan, sabun pel, kasur, roti, dan mesin pompa air," kata Irma, Sabtu (13/2).

Menurut Irma, bantuan selanjutnya akan dikirimkan secepatnya sampai musibah banjir ini bisa diatasi. Ditambahkan oleh Irma, dari pantauan di lapangan diketahui bahwa warga sampai saat ini masih bertahan tenda pengungsian di bantaran Sungai Brantas dan kondisinya sangat memprihatinkan. Terutama warga Desa Kalipuro, Kecamatan Bandarkedungmulyo.

"Mereka mengaku belum berani pulang karena kondisi rumah masih kotor dan bau. Mereka harus bertahan di tenda pengungsian sampai keadaan dinyatakan aman," pungkas Irma.

Sementara itu, Sanusi, Koordinator SuaR Indonesia menambahkan selain pangan, bantuan lainnya yang dikirimkan di antaranya berupa terpal, perlengkapan bayi, masker, kebutuhan lansia seperti popok orang dewasa, dan pakaian anak-anak.

"Kami tentunya akan terus memantau saudara kita yang saat ini sedang tertimpa musibah ini di Kecamatan Bandarkedungmulyo ini. Kami hanyalah bagian kecil dari kawan-kawan relawan lain yang bahkan ada yang mendirikan posko di lokasi bencana banjir," kata Sanusi seraya mengatakan bahwa dalam waktu secepatnya, pihaknya akan segera mengirimkan bantuan berikutnya. (uji/ns)

Awal Mula Tarawih Cepat di Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin Bangkalan
Jumat, 07 Mei 2021 23:44 WIB
BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ada fenomena yang selalu viral setiap Bulan Ramadan, yakni Salat Tarawih Cepat. Jika di Indramayu ada pesantren yang menuntaskan salat tarawih 23 rakaat dalam durasi hanya 6 menit, di Bangkalan juga ada pesantren ya...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 08 Mei 2021 09:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Genre baru persuratkabaran dimulai dari Singapura. Koran terkemuka di negeri singa itu mengubah diri menjadi not for profit. Perubahan drastis ini dilakukan setelah mengalami kemerosotan yang terus terjadi.Tapi apa beda...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...