Sabtu, 27 Februari 2021 14:06

Ini Gebrakan Bupati Fadeli di Bidang Kesehatan Selama Dua Periode

Senin, 15 Februari 2021 17:57 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Ini Gebrakan Bupati Fadeli di Bidang Kesehatan Selama Dua Periode
Bupati Fadeli saat menyerahkan Mobil Sehat.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Bidang kesehatan menjadi salah satu prioritas Fadeli selama dua periode menjabat sebagai Bupati Lamongan. Berbagai program unggulan di bidang kesehatan diluncurkan untuk meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat Lamongan.

Di antaranya yakni Program Lesung Si Panji (Lenyapkan Pasung Memanusiakan Pasien Jiwa) yang dicanangkan pada Juli 2016. Program tersebut di bulan Desember tahun yang sama telah mampu membebaskan 190 pasien jiwa dari pemasungan. Tak hanya dibebaskan dari pemasungan, mereka juga diberikan pelatihan sehingga bisa berkarya mandiri.

Lamongan juga menjadi satu di antara sedikit kabupaten/kota di antara yang berstatus Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BBABS) atau Open Defecation Free (ODF) melalui program jambanisasi. Status ODF ini adalah satu dari lima pilar dalam Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) sehingga pada Februari 2019, Lamongan menjadi kabupaten pertama yang mencanangkan penuntasan STBM lima pilar.

Bahkan pemerintah pusat baru akan mencanangkannya di 2020. Oleh karena itu, pada November 2020 lalu, Bupati Fadeli menerima prestasi di bidang kesehatan yang ditunjukkan dengan diterimanya Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM Award) kategori Enabling, Demand, Supply dari Menteri Kesehatan.

Peningkatan pelayanan kesehatan juga tak luput dari Fadeli. Pada tahun 2014 bertepatan dengan Hari Jadi Lamongan ke-445, Fadeli me-launching program Mobil Sehat. Mobil Sehat merupakan salah satu program unggulan bidang kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Mobil sehat sebagai salah satu tugas pelayanan tindakan medis kepada masyarakat yang dapat digunakan sewaktu-waktu dengan gratis. Sampai dengan saat ini, telah tersalurkan sebanyak 363 Mobil Sehat ke seluruh desa di Kabupaten Lamongan. 

Selain itu, juga ada program Peduli Gizi Balita Lamongan (Pelita LA), Kelas Ibu Hamil dan Balita dari Dinas Kesehatan, Gemar Ikan dari Dinas Perikanan, serta Gerakan Masyarakat Sehat yang dilakukan oleh lintas perangkat daerah. Melalui komitmen ini, khusus stunting di Kabupaten Lamongan hingga Agustus 2020 turun menjadi 7,10 persen.

Menjelang akhir masa jabatannya, Fadeli baru saja meresmikan Gedung Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) pada 13 Februari 2021. Labkesda ini tidak hanya berfungsi sebagai laboratorium mikrobiologi (pemeriksaan air dan kualitas air) namun juga laboratorium kimia dan laboratorium klinik. Ke depannya, Labkesda juga akan dimanfaatkan sebagai tempat rujukan semua laboratorium yang ada di Lamongan. (qom/ian) 

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Sabtu, 27 Februari 2021 06:11 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Perdebatan Dahlan Iskan, wartawan kawakan, dengan Irwan Hidayat, pemilik pabrik jamu Sido Muncul ini menarik. Irwan Hidayat mengaku sukses karena hoki, bukan hasil kerja keras. Tapi Dahlan Iskan menolak, tak percaya...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...