Enam Polres Jajaran Polda Jatim Terima Predikat Pelayanan Prima dari Menpan RB

Enam Polres Jajaran Polda Jatim Terima Predikat Pelayanan Prima dari Menpan RB 'Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Polri Tahun 2020' oleh Kemenpan RB di Jakarta, Selasa (16/2).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberikan penghargaan predikat pelayanan prima kepada 12 polres di Indonesia. Reward itu diberikan lantaran terciptanya pelayanan publik yang baik.

Dalam hal ini, Kemenpan-RB melakukan evaluasi tiap tahunnya. Pada tahun 2020, Kemenpan-RB menilai setidaknya 209 unit layanan yang ada di Polres, Polresta, Polrestabes, dan Polres Metro.

"Visi-misi Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin adalah reformasi birokrasi. Yang diinginkan pak Presiden kecepatan aparatur pemerintah layani masyarakat, mulai Presiden, Kepala Desa, Lurah, Kapolri sampai Kapolsek, Bhabinkamtibmas, Panglima TNI, dengan tiga matra sampai Koramil, Babinsa," kata Menpan-RB Tjahjo Kumolo dalam acara virtual 'Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Polri Tahun 2020', Jakarta, Selasa (16/2/2021).

Adapun aspek yang menjadi penilaian predikat pelayanan prima itu adalah, kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi, dan pengaduan, dan inovasi pelayanan publik.

Adapun 12 Polres, Polresta, dan Polrestabes yang meraih predikat pelayanan prima, enam di antaranya dari jajaran Polda Jatim antara lain, , Polrestabes Surabaya, , Polres Gresik, Kota, dan Polresta Banyuwangi.

Sementara itu Kabid Humas Polda Jatim Kombespol Gatot Repli Handoko menyebutkan, bahwa 6 Polres/Polresta yang meraih predikat pelayanan prima, bisa menjadi contoh serta motivasi bagi seluruh Polres/Polresta jajaran Polda Jatim yang lain untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Enam polres/polresta di Jatim yang sudah mendapatkan predikat terbaik dalam pelayanan prima, nantinya bisa menjadi contoh bagi polres/polresta jajaran Polda Jatim," jelas Gatot, Selasa (16/2/2021) petang.

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO