Rabu, 14 April 2021 23:59

PPKM Mikro di Kediri Diklaim Efektif Tekan Angka Covid-19

Rabu, 17 Februari 2021 11:18 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
PPKM Mikro di Kediri Diklaim Efektif Tekan Angka Covid-19
Posko Satgas Penanggulangan Covid-19 Desa Dukuh, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Berbagai upaya dan cara dilakukan pemerintah untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. Satu di antaranya yakni penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro.

Salah satu contoh penerapan PPKM skala mikro adalah di Desa Dukuh, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. Penanganan PPKM skala mikro sangat efektif, karena lebih fokus ke populasi terkecil di tingkat desa hingga ke RT dan RW.

"PPKM skala mikro ini tentunya untuk menekan penyebaran Covid-19," kata Kapolsek Ngadiluwih AKP Iwan Setyo Budi, Rabu (17/2/2021).

Menurut AKP Iwan, sejak diberlakukannya penerapan PPKM skala mikro, Polsek Ngadiluwih bersama koramil dan kecamatan terus melakukan koordinasi untuk penekanan laju penyebaran Covid-19.

BACA JUGA : 

Tak Ingin Masyarakat Antre, Kapolres Kediri Ikut Bagikan Ratusan Takjil ke Pengguna Jalan

Rakor PPKM Mikro, Wali Kota Kediri Paparkan Langkah Strategis Penanganan Covid-19

Mbak Wabup Dewi Hadiri Pelatihan Pembuatan Pupuk Cair Organik di Mojo

Puluhan Sopir Angkot di Kediri Kembali Dapatkan Paket Sembako dari Si Jamal

Menurut AKP Iwan, sejak diberlakukannya penerapan PPKM skala mikro, Polsek Ngadiluwih bersama koramil dan kecamatan terus melakukan koordinasi untuk penekanan laju penyebaran Covid-19.

Tiga Pilar Kecamatan Ngadiluwih, lanjutnya, terus melakukan mapping wilayah untuk mencari warga yang terpapar Covid-19. Salah satu contohnya yakni dilakukan di Desa Dukuh. "Mulai dari tingkat RT dan RW kami ajak berkoordinasi untuk menekan penyebaran Covid-19," imbuh AKP Iwan.

Tiga pilar tersebut, kata Iwan, membentuk satgas mulai tingkat RT sampai tingkat kecamatan. Satgas tersebut mengawasi bilamana ada yang terkonfirmasi Covid-19, maka akan dilakukan testing, tracing, dan treatment.

"Fungsi satgas penanggulangan penyebaran Covid-19 ini menemukan kasus Covid-19, mengawasi orang yang isolasi mandiri secara ketat, termasuk mengobati dan memberikan bantuan sosial. Hasilnya di Desa Dukuh terbukti efektif, karena semula ada empat yang terkonfirmasi Covid-19 sekarang tinggal satu dan yang tiga sembuh," ungkap AKP Iwan.

Meski PPKM skala mikro dinilai efektif, namun Iwan tetap mengimbau kepada masyarakat agar tidak lengah terhadap Covid-19. "Kami berpesan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi prokes dengan cara memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan. Terkhusus bagi warga yang sedang isolasi mandiri, agar dilakukan secara benar. Mari kita bersinergi agar Covid-19 segera selesai," pungkas AKP Iwan. (uji/zar)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...