DPD RI Dorong Maluku Jadi Lumbung Ikan Nasional, dari Ambon Bisa Ekspor keluar Negeri

DPD RI Dorong Maluku Jadi Lumbung Ikan Nasional, dari Ambon Bisa Ekspor keluar Negeri Nono Sampono. foto: ist/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah telah mengeluarkan Perpres Nomor 21 Tahun 2018 terkait strategi nasional percepatan pembangunan daerah tertinggal. Salah satunya adalah Provinsi . Pemerintah berharap pembangunan dapat menurunkan kesenjangan intrawilayah Kepulauan serta mendorong sebagai nasional.

Wakil Ketua I Nono Sampono mendorong pemerintah menyiapkan pembangunan yang terintegrasi dengan pusat kegiatan perikanan yang akan menjadi Kawasan Terpadu Pelabuhan Perikanan di Provinsi .

Menurut Nono Sampono, daerah Tulehu, Ambon, merupakan salah satu alternatif lokasi yang baik untuk pembangunan baru, karena kondisi perairan yang tenang dan memiliki kedalaman yang baik.

“Pemilihan Tulehu berdasarkan studi yang dilakukan Kementerian Perhubungan. Selain itu juga preferensi studi yang dilakukan World Bank,” katanya.

Menurut dia, kawasan Terpadu Pelabuhan Perikanan ini akan dibangun dengan pembiayaan APBN. Selanjutnya, pembangunan infrastruktur tambahan akan dilakukan dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Sebuah terintegrasi, menurut Nono, harus dilengkapi fasilitas-fasilitas pendukung, semisal pembangkit listrik mandiri, akses jalan yang memadai dan alur pelayaran yang baik. Pelabuhan tersebut juga harus didesain agar bisa ekspansi jika dibutuhkan.

"Pembangunan harus dipikirkan pengembangan jangka panjang, hingga 50 tahun ke depan, sehingga tidak mengalami hambatan jika melakukan ekspansi," ujar Nono Sampono.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO