Selasa, 22 Juni 2021 03:22

​Lahir Tak Sempurna, Bayi di Tuban Ditolong TNI

Minggu, 21 Februari 2021 20:05 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
​Lahir Tak Sempurna, Bayi di Tuban Ditolong TNI
Danramil Jenu beserta jajaran saat mengunjungi rumah Kenze Yafi Hamidzan.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kiprah TNI dalam membantu masyarakat memang tidak diragukan lagi. Namun, ada yang menyentuh hati ketika anggota TNI se-Koramil berbondong-bondong membantu bayi yang lahir dengan kondisi tak sempurna dan serba terbatas.

Seperti yang dilakukan komandan dan seluruh anggota Koramil Jenu, Kodim 0811 Tuban. Mereka rela meluangkan waktunya untuk menolong Kenze Yafi Hamidzan, bayi yang lahir dengan kondisi bibir sumbing. Kenze merupakan anak pasangan dari Marlika dan Sukma Agung Edi Pratama, warga Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu.

Para anggota Koramil Jenu tidak hanya mengantarkan bayi itu untuk operasi bibir sumbing, tetapi juga memberikan motivasi dan bantuan untuk kebutuhan bayi dan keluarga. Langkah itu diberikan agar bayi dan keluarganya tidak minder di tengah masyarakat.

"InsyaAllah kami sukarela membantu adik yang baru berusia sekitar 8 bulan itu," ucap Komandan Koramil Jenu, Kapten Arh. Sudiono saat ditemui, Minggu (21/2).

BACA JUGA : 

Angka Kesembuhan Lebih Tinggi, Dandim 0811 Tuban Minta Masyarakat Tetap Waspada

Bayi Cantik Dibungkus Daun Pisang Ditemukan di Kebun Blitar, Langsung Diadopsi Warga Kota

Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis, Bupati Tamam Ajak Para Orang Tua Senantiasa Bersyukur

Warga Nyamplong Sumenep Temukan Bayi Perempuan Dalam Kardus di Kebun Jati

Sudiono bercerita, sebenarnya kondisi Kenze yang tidak sempurna belum diketahui oleh pihak puskesmas dan bidan setempat. Kondisi itu baru diketahui ketika anggota babinsa terjun ke lapangan dan mendapati seorang bayi dalam keadaan bibir sumbing dan cacat rahang.

Berawal dari situ, kemudian Koramil Jenu bergegas mendaftarkan Bayi Kenze agar ikut operasi bibir sumbing yang dilaksanakan oleh Kodam V/Brawijaya. Meski penanganan tergolong agak telat karena faktor usia, namun operasi berjalan lancar. Saat ini tinggal operasi rahangnya yang belum terlaksana.

"Setahun lagi akan dilakukan operasi rahang, semoga berjalan lancar," harap Kapten Arh. Sudiono.

Komandan Koramil asli kelahiran Tuban itu menambahkan, bahwa seluruh jajaran TNI siam membantu bayi Kenze semaksimal mungkin. Bahkan, siap menyisihkan sedikit rezeki untuk keluarganya agar bisa terbantu, terutama dalam hal ekonomi.

"Kalau bapaknya bayi itu serabutan, sedangkan ibunya sebagai ibu rumah tangga yang ditemani sama neneknya," timpal Sudiono.

Pria kelahiran 1969 itu juga menyampaikan terima kasih kepada pemdes setempat yang sudah membantu TNI dalam menolong bayi itu. Diharapkan, upaya TNI ini bisa meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat. Karena terkadang orangtua yang memiliki bayi tidak sempurna maka cenderung akan malu. 

Sehingga, dari situ seluruh jajaran TNI se-Koramil Jenu dan Persit akan semaksimal mungkin membantu Kenze dan keluarganya agar bebannya semakin ringan. "Yang pasti kami akan terus menyupport keluarganya agar bisa merawatnya dengan baik," pungkasnya. (gun/ian)

Jambret Hp di Pasuruan Babak Belur Dihakimi Massa
Senin, 21 Juni 2021 23:15 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pelaku jambret seorang ibu-ibu di Kota Pasuruan, Jawa Timur, babak belur dihajar massa pada Sabtu (19/06/2021) malam kemarin. Seperti inilah rekaman video amatir milik salah satu warga, saat pelaku jambret berinisial...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Senin, 21 Juni 2021 06:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Meski diblokade oleh Amerika Serikat (AS), ternyata Iran tetap berkembang. Bahkan ilmu kedokteran di negeri para mullah itu berkembang sangat dahsyat. Termasuk transplantasi hati. Dokternya, Dr Ali Malek Hossein...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...