​Hadiri Sertijab Wali Kota, Gubernur Khofifah Menginisiasi Sister City Surabaya-Sampang

​Hadiri Sertijab Wali Kota, Gubernur Khofifah Menginisiasi Sister City Surabaya-Sampang Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri sertijab Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih Eri Cahyadi, S.T., M.T. dan Wakil Wali Kota Surabaya Ir. Armudji, Senin (1/3/2021). foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri serah terima jabatan (Sertijab) Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Gedung DPRD Kota , Senin (1/3). Sertijab Wali Kota dan Wakil Wali Kota merupakan agenda pertama sertijab yang dihadiri Gubernur Jatim dari 17 agenda Sertijab Wali Kota/Bupati terpilih hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

Berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 131.35-368 Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Kabupaten dan Kota pada Provinsi Jawa Timur, dilaksanakan Sertijab dari Pelaksana Harian (Plh.) Wali Kota Ir. Hendro Gunawan, M.A. kepada Wali Kota terpilih , S.T., M.T. dan Wakil Wali Kota Ir. Armudji.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah menekankan agar Kota tetap menjadi barometer kebangkitan ekonomi di Jawa Timur di bawah kepemimpinan Wali Kota terpilih , S.T., M.T. dan Wakil Wali Kota Ir. Armudji.

Pasalnya, PDRB Kota menyumbang 24,11 % terhadap PDRB Jawa Timur. Oleh sebab itu dirinya meminta agar apa yang telah dicapai Kota untuk tetap dipertahankan dan bahkan lebih ditingkatkan lagi.

"Ini menjadi bagian yang penting, ini tidak boleh ada pelemasan atau pelemahan akibat pandemi Covid-19 yang telah berjalan setahun, jadi semua harus pada proses percepatan untuk membangun kebangkitan ekonomi di Jawa Timur, terutama episentrumnya, yang menjadi sentra ini adalah ," kata Gubernur Khofifah saat ditemui usai menghadiri Rapat Paripurna Sertijab Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Gedung DPRD Kota , Jl. Walikota Mustajab No. .

Gubernur Khofifah juga berpesan agar sinergitas dan kolaborasi terus ditingkatkan antara Pemerintah Kota dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Dirinya menyebut bahwa 77 proyek strategis dari Program Strategis Nasional yang dituangkan dalam Perpres 80 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan ekonomi di Jawa Timur sebagian besar sentranya berada di .

"Oleh karena itu, ini yang juga kami pesankan supaya ada sinergitas pasca pandemi covid ini, jadi sekarang sesungguhnya preconditioning-nya sudah bisa dilakukan karena provincial office dari PSN tersebut ada di Bappeda Provinsi Jawa Timur," pesannya.

Gubernur Khofifah juga menginisiasi terbentuknya antara Kota dan Kabupaten . Menurut Gubernur perempuan pertama di Jatim ini, hal tersebut sebagai salah satu upaya untuk mengurangi ketimpangan IPM Kota yang mencapai angka 82, tertinggi di Jawa Timur dengan IPM Kabupaten dengan angka 62, terendah di Jawa Timur.

"Saya ingin mengajak semacam Sister City, ada SDM-SDM dari yang akan men-support percepatan penguatan IPM di ," tuturnya.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO