Berhasil Tingkatkan Pertumbuhan UMKM​, ​Pemdes Desa Bodag Madiun Capai Target SDGs Desa

Berhasil Tingkatkan Pertumbuhan UMKM​, ​Pemdes Desa Bodag Madiun Capai Target SDGs Desa Rumah produksi olahan cokelat. (foto: ist)

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Bodag, Kecamatan Kare, Kabupaten berhasil mencapai target (), yakni dengan meningkatkan pertumbuhan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di wilayahnya.

Dangkung, Kepala Desa Bodag menjelaskan jika pihaknya selama ini sudah melaksanakan pembangunan di desanya secara berkelanjutan. Di antaranya, menggali potensi alam melalui sektor pariwisata, perkebunan, dan pertanian. Pihaknya mengaku sudah memenuhi target Desa, yakni tanpa kemiskinan, desa sejahtera, desa yang dinamis, dan adaptif.

"Hal ini sesuai program Kementerian Desa," terangnya.

Di sektor wisata, Kepala Desa Bodag menyampaikan, beberapa lokasi wisata yang sudah ditangani antara lain wisata kuliner, rumah cokelat, objek wisata Sela Gedhong, dan air terjun Coban Kromo.

Khusus mengenai pengelolaan rumah cokelat, lanjut Kades Bodag, saat ini dalam penanganan BUMDes Bodag dan sudah memproduksi makanan olahan dari bahan buah cokelat. Untuk bahan baku, yakni buah kakao di Desa Bodag terbilang melimpah. Luas lahan kakao mencapai 150 hektare tersebar di lima dusun dan dikelola tujuh kelompok tani.

Selain itu, di area lokasi pengelolaan, pihak Pemdes Bodag sengaja memberikan ruang di sekitar lokasi untuk masyarakat setempat yang ingin menjual produk-produk perkebunan dan produk olahan lainnya.

“Agar tidak terlalu jauh ke pasar, hasil kebun milik warga dan produk dari PKK dan KWT berupa olahan makanan bisa dijual di sini," tambahnya.

Sebagai informasi, merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan melindungi lingkungan. berisi 17 tujuan dan 169 target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030. (hen/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Melanggar PPKM Darurat, Warung/Resto di Kota Madiun Bisa Ditutup Selama 3 Hari':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO