Rabu, 21 April 2021 12:26

​Kenakan Sandal Jepit, Bupati Sugiri Sancoko Lakukan Aksi Bersih-Bersih Sungai

Minggu, 07 Maret 2021 14:19 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Novian Catur
​Kenakan Sandal Jepit, Bupati Sugiri Sancoko Lakukan Aksi Bersih-Bersih Sungai
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko memimpin apel kerja bakti operasi got dan sungai, Minggu (7/3/2021). (foto: ist)

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko memimpin apel kerja bakti operasi got dan sungai, Minggu (7/3/2021). Kerja bakti itu untuk menabuh genderang perang terhadap sampah.

Usai memimpin apel, Bupati Sugiri Sancoko didampingi istri dan Wabup Lisdyarita bersama ribuan relawan terjun langsung berpencar ke titik lokasi pembersihan selokan dan sungai untuk membersihkan sampah dan sedimentasi.

Titik fokus pembersihan, di antaranya yaitu sungai dan selokan di Jalan Diponegoro, Alun-Alun Ponorogo, Jalan Asmorodono, Jalan Sumatra, Pertigaan Perum Savaba, Jalan Jaksa Agung, Jalan Bhayangkara, dan Jalan M.T. Haryono.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat 20 grup relawan, 5 grup pecinta alam SMA, 10 organisasi massa, Dinas PUPR Ponorogo, dan Satpol PP Ponorogo. 

BACA JUGA : 

​Puluhan Aktivis Lingkungan di Kediri Bersih-bersih Sampah Sungai Ketandan

​Wabup Lisdyarita Hadiri Pelatihan Batik Ecoprint bagi Koperasi

Sunat BLT DD, Kasun di Ponorogo Akhirnya Minta Maaf

Bupati Ponorogo Izinkan Pembelajaran Tatap Muka dan Hajatan

Dengan mengenakan sandal jepit, Bupati Sugiri Sancoko yang terkenal sederhana dan dekat dengan rakyat itu turun langsung ke kawasan sungai di beberapa titik lokasi rawan banjir. "Saya memakai sandal jepit ini bukan untuk gaya-gayaan, tapi memang mau turun langsung ke sungai bersama para relawan," kata Bupati Sugiri Sancoko.

Dari aksi tersebut, pihaknya menemukan beberapa penyempitan sungai di beberapa titik karena pembuatan fondasi jembatan oleh warga yang menjorok ke sungai.

"Untuk sementara kita bersihkan dahulu endapan lumpur dan sampahnya, sehingga mengurangi potensi banjir. Untuk jangka selanjutnya akan kita pikirkan setelah melihat langsung permasalahannya di lapangan," terangnya.

Bupati Sugiri Sancoko menjelaskan, gerakan bersama relawan bersih-bersih lingkungan ini dalam rangka menabuh genderang perang terhadap sampah. "Harapannya, semangat gotong royong ini menjalar hingga ke desa-desa. Tumbuhnya kegotongroyongan di masyarakat akan mempercepat pembangunan di Ponorogo menuju Ponorogo Hebat," pungkasnya.

Sementara itu, Sumarno, relawan bersih-bersih yang juga pemburu barang antik asal Desa Sampung, Kecamatan Sampung ini mengaku sudah beberapa hari ini ikut bersih-bersih turun dan masuk selokan untuk membersihkan sedimentasi.

Keikutsertaannya, karena keikhlasannya demi membantu mewujudkan Ponorogo yang hebat dan bermartabat. "Saya itu orang Ponorogo, merasa memiliki dan mencintai Ponorogo," ujarnya.

Dia menerangkan, jika kegotongroyongan tumbuh dari sini kemudian merembet ke desa- desa, maka pembangunan Ponorogo akan melesat dan hebat. "Sejarah dan akar budaya kita adalah kegotongroyongan. Semoga ini tumbuh lagi dan kembali mengakar kuat sampai di pedesaan maupun perkotaan," tukasnya. (nov/zar)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 21 April 2021 06:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Mengerikan. Mobil mewah Tesla terbakar. Yang menjadi misteri, tak ditemukan mayat di kursi kemudi. Mayat hanya ditemukan di kursi samping dan jok belakang.Apa sistem autopilot yang jadi kebanggaan Tesla tidak berfung...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...