Senin, 17 Mei 2021 22:19

​Reses Deni Prasetya, Petani Pisang Ingin Undang Gubernur Khofifah Panen Cavendish

Senin, 08 Maret 2021 20:52 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Reses Deni Prasetya, Petani Pisang Ingin Undang Gubernur Khofifah Panen Cavendish
H. Deni Prasetya, SE (tengah), Anggota DPRD Jatim saat reses bersama petani pisang di Desa Tegalwangi, Kecamatan Umbulsari, Jember. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anggota DPRD Jawa Timur baru saja melaksanakan reses I tahun 2021 di daerah pemilihan (dapil) masing-masing. Tak terkecuali Deni Prasetya, Anggota DPRD Jatim asal daerah pemilihan V yang meliputi Kabupaten Jember dan Lumajang.

Selama reses 1-8 Maret, Deni mengaku banyak menyerap aspirasi dan harapan dari masyarakat. Salah satunya harapan petani pisang cavendish di Desa Tegalwangi, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember. Para petani itu ingin Gubernur Khofifah bisa datang pada panen pisang cavendish dua bulan mendatang.

"Para petani pisang ingin Bu Gubernur datang pada panen cavendish mendatang, sekitar dua bulan lagi. Itu salah satu aspirasi yang dititipkan ke saya. Semoga Ibu Gubernur berkenan datang," tutur Deni Prasetya, Senin (8/3/2021).

Menurut Deni, keinginan para petani dan mandor pisang cavendish mengundang gubernur datang saat panen adalah permintaan yang wajar karena cavendish produk lokal unggulan. Terlebih, mayoritas istri para petani pisang tersebut adalah anggota Muslimat NU. Sementara Khofifah, Ketua Umum Muslimat NU.

BACA JUGA : 

Anggota DPRD Jatim Desak Dispendik Segera Perbaiki SDN Prambangan Pasca Diterjang Puting Beliung

​Disiplin Laksanakan Protokol Kesehatan, Ning Fitri Apresiasi Kader Ansor

​PAN Jatim: Perlu Perbaikan Struktur dan Jadikan Komoditas Pangan Strategis Agar Impor Berkurang

Hindari Potensi Klaster Salat Ied, Dewan Minta Pemprov Segera Keluarkan Juklak

Anggota Fraksi NasDem DPRD Jatim ini menilai ke depan bisa dibangun sinergitas antara Muslimat NU di Kabupaten Jember maupun Jawa Timur untuk memproduksi makanan olahan berbahan baku pisang.

"Kalau pisang yang kualitasnya bagus tentu bisa dijual secara utuh. Sisanya mungkin bisa dibuat makanan olahan seperti kripik pisang atau kue bolu pisang. Saya kira ini bisa melibatkan Ibu-ibu Muslimat NU. Tinggal nantinya ada pendampingan atau pelatihan dari pihak pemkab atau pemprov," ujar kader Ansor Kencong ini.

Deni berharap dengan turun tangan pemerintah daerah, kesejahteraan petani pisang cavendish bisa ditingkatkan. Ia mengaku prihatin selama ini pisang hasil tanam petani jatuh ke tengkulak.

Padahal pisang cavendish di pasaran harganya mencapai Rp 20.000 - Rp 100.000 per kilogram. Bahkan banyak yang diekspor sampai ke Thailand dan negara ASEAN lainnya.

"Saya berharap pemda atau pemprov bisa membantu pemasaran pisang cavendish. Dengan begitu, petani bisa mendapatkan harga jual yang layak. Imbasnya tentu meningkatkan kesejahteraan petani pisang beserta keluarganya," pungkas politikus muda NasDem tersebut. (mdr/ian)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Senin, 17 Mei 2021 18:27 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Munculnya buzzer dan influencer dalam media sosial (medsos) mengungkap realitas sosial keagamaan secara telanjang. Fenomena ini terlihat dari konten atau narasi yang diproduksi para buzzer dan influencer. Umpatan kasar...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...