Sabtu, 08 Mei 2021 19:31

​Bersama Warga, Banom NU Kedurus Gotong Royong Bersihkan Makam

Kamis, 11 Maret 2021 22:23 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Bersama Warga, Banom NU Kedurus Gotong Royong Bersihkan Makam
Kader Banom NU se-Kelurahan Kedurus bersama warga RW 04 melaksanakan kegiatan bersih makam di Makam Islam Kedurus Dukuh. foto: istimewa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Badan Otonom (Banom) Nahdlatul Ulama (NU) se-Kelurahan Kedurus bersama warga secara gotong royong melakukan bakti sosial membersihkan Makam Islam Kedurus Dukuh. Hampir 100 orang yang terdiri dari kader GP Ansor, Banser, Fatayat NU, IPNU, IPPNU, dan Pagar Nusa turut serta dalam kegiatan tersebut.

Sejak pagi para kader NU itu sudah berkumpul di area makam dengan peralatan yang mereka bawa dari rumah. Semua punya andil, ada yang menyapu, membabat ilalang, mencat tembok, hingga menyiapkan konsumsi.

"Alhamdulillah, kita juga dibantu Karang Taruna dan warga RW 04 dalam kegiatan bersih makam ini. Bahkan Ketua RW 04 selain memberi arahan juga ikut turun langsung," ujar Irfani, Kamis (11/3/2021).

Irfani menjelaskan, kegiatan bersih makam ini adalah bentuk interaksi langsung antara kader Banom NU dengan masyarakat. Menurutnya, kader NU keberadaannya harus dirasakan dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

BACA JUGA : 

Hadiri Acara Baksos, Armuji Sampaikan Terima Kasih atas Kepedulian pada Sesama

Ramadan dan Hari Kartini, Dharma Wanita Persatuan Kota Pasuruan Bagikan Ratusan Sembako

Berkah Ramadan, Anggota Banser Simokerto Kembali Punya Rumah Layak Huni

GP Ansor Krembangan Bagikan Al-Qur'an dan Diba' di Sejumlah Masjid dan Mushola

Ia melanjutkan, selama ini banom NU rutin melaksanakan amaliah dan tradisi NU, seperti zikir dan salawat. Namun itu semua tidak cukup tanpa interaksi dengan masyarakat.

"Sekecil apapun kontribusinya, kader NU harus bermanfaat bagi masyarakat. Alhamdulillah, sekarang areal makam lebih bersih. Bahkan bisa terlihat jelas dari jalan raya," kata Irfani.

Pemuda yang akrab disapa Fani ini menambahkan, kegiatan bersih makam ini adalah salah satu rangkaian kegiatan Bakti Sosial dan Festival Banjari dalam rangka Harlah NU. Selanjutnya, menyusul kegiatan pembagian sembako dan berbagi takjil di bulan Ramadan.

Sedangkan puncaknya adalah Festival Al Banjari Bersama Banom NU Ranting Kedurus yang dilaksanakan secara virtual. Festival ini akan diikuti oleh 20 grup Banjari se-Kota Surabaya.

"Antusias peserta Festival Banjari sangat tinggi. Bahkan hari pertama pendaftaran kuota 20 peserta langsung terpenuhi. Karena itu, pendaftaran langsung kami tutup. Kami mohon maaf kalau grup lain belum bisa berpartisipasi karena keterbatasan kuota," ucapnya. (mdr/ian)

Awal Mula Tarawih Cepat di Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin Bangkalan
Jumat, 07 Mei 2021 23:44 WIB
BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ada fenomena yang selalu viral setiap Bulan Ramadan, yakni Salat Tarawih Cepat. Jika di Indramayu ada pesantren yang menuntaskan salat tarawih 23 rakaat dalam durasi hanya 6 menit, di Bangkalan juga ada pesantren ya...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 08 Mei 2021 09:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Genre baru persuratkabaran dimulai dari Singapura. Koran terkemuka di negeri singa itu mengubah diri menjadi not for profit. Perubahan drastis ini dilakukan setelah mengalami kemerosotan yang terus terjadi.Tapi apa beda...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...