Wilayah Lain Mulai Surut, Kecamatan Cerme dan Kedamean Masih Terendam Luapan Kali Lamong

Wilayah Lain Mulai Surut, Kecamatan Cerme dan Kedamean Masih Terendam Luapan Kali Lamong Kondisi Desa Gurangkulon, Kecamatan Cerme yang terendam luapan Kali Lamong. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Banjir luapan Kali Lamong di wilayah Gresik selatan di wilayah Kecamatan Benjeng, Balongpanggang, dan Menganti sudah berangsur surut, Selasa (16/3/2021).

Namun, masih ada sejumlah jalan lingkungan maupun areal persawahan masih terendam. "Sudah surut banjirnya di wilayah Kecamatan Benjeng," ujar Camat Benjeng Suryo Wibowo kepada BANGSAONLINE.com.

Jika di 3 kecamatan tersebut banjir luapan Kali Lamong surut, namun di 2 kecamatan tetangga masih terendam. "Hingga hari ini sejumlah desa di Kecamatan dan Cerme masih terendam," ujar Kepala Pelaksana , Tarso Sagito kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (16/3/2021) petang.

Menurut Tarso, untuk Kecamatan wilayah yang terendam adalah Dusun Gorekan Kidul dan Gorekan Lor Desa Cermen, ada 181 rumah dan 35 hektare sawah terendam. "Termasuk jalan desa, jalan poros desa, masjid, mushola dan TPQ terendam," ungkap Tarso.

Sedangkan di Kecamatan Cerme, wilayah yang terendam adalah Desa Dadapkuning, meliputi jalan lingkungan, JPD, sawah 20 hektare dan tambak 10 hektare terendam. Desa Ngembung, meliputi JPD dan 25 hektare sawah terendam.

"Untuk Desa Sukoanyar tinggal sawah dan tambak yang terendam," jelas Tarso.

Kemudian, Desa Guranganyar ada 270 rumah, 50 hektare sawah, 50 hektare tambak, JPD, dan Perumahan Prismaland terendam. Desa Dungus ada 500 rumah, 45 hektare sawah, 45 hektare tambak, jalan lingkungan, makam, masjid, dan taman pendidikan terendam.

Selanjutnya Desa Betiting dan Desa Morowudi, ada 700 rumah, 50 hektare sawah, dan 25 hektare tambak terendam. Desa Iker-iker ada 350 rumah, 104 hektare sawah, dan 80 hektare tambak terendam. Desa Lengkong ada 25 rumah, 25 hektare sawah, dan 5 hektare tambak terendam.

"Kemudian Desa Dampaan, Desa Padeg, Desa Cerme Kidul, Desa Pandu, Desa Jono, Desa Semampir, dan Desa Tambak Beras terendam juga terendam. Tanggul di Tambakberas jebol sepanjang 25 meter lebar 4 meter dengan kedalaman 4 meter," pungkasnya. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO