Rabu, 16 Juni 2021 14:55

Di PP Lirboyo, ​Wali Kota Kediri Ikut Sambut Menteri Kesehatan Tinjau Vaksinasi AstraZeneca

Rabu, 24 Maret 2021 07:56 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Muji Harjita
Di PP Lirboyo, ​Wali Kota Kediri Ikut Sambut Menteri Kesehatan Tinjau Vaksinasi AstraZeneca
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (kiri) saat mendampingi Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Budi Gunadi Sadikin, menyaksikan pemberian vaksin AstraZeneca kepada para santri dan kyai di Ponpes Lirboyo, Kota Kediri, Selasa (23/3). foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com – Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar ikut menyambut Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Budi Gunadi Sadikin dan Kepala Perwakilan WHO Indonesia Dr N. Paranietharan, serta Kepala Perwakilan Unicef Indonesia Debora Comini yang berkunjung ke Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Selasa (23/3).

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyaksikan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 produksi AstraZeneca, kepada 200 orang terdiri dari kiai dan santri Pondok Pesantren Lirboyo di Lingkungan Pondok Pesantren Lirboyo.

Di hadapan ratusan santri, Menteri Kesehatan menyatakan kesediaan memberikan kuota vaksin AstraZeneca untuk semua kiai, santri, dan pengurus Pondok Pesantren Lirboyo. Menurut dia, vaksinasi para kiai dan santri ini membuktikan kepada masyarakat bahwa AstraZeneca ini aman dan telah mendapat fatwa halal dari MUI.

“Terima kasih karena teman-teman di Lirboyo, Pak kiai, sudah berkenan menyuntikkan santrinya dengan vaksin AstraZeneca. Karena contoh dari para kiai, ulama ini sangat penting. Sebagai Menteri Kesehatan bisanya sekarang ngurusi vaksin, nanti kita janji Pak Kiai, semua santri, pengurus, kita suntik semua langsung. Mudah-mudahan insyaallah sebelum mulai bulan puasa. Jangan takut, Jawa Timur akan cepat kita vaksinasi, khususnya Lirboyo,” ujar Menkes.

BACA JUGA : 

Forkopimda Kota Kediri Ikuti Upacara Virtual Hari Lahir Pancasila

Wali Kota Ajak Warga Kediri Dukungan Atlet Tenis Meja pada Turnamen BNN Nasional 'Smash on Drug'

Lagi, Kiai Asep dan Kiai Kafabih Silaturahim, Kali Ini di Lirboyo

Usai Divaksin AstraZeneca, 8 THL Dinas PUPR Kabupaten Blitar Mengalami KIPI

Menkes Budi Gunadi Sadikin menambahkan, bahwa dirinya diberi tugas oleh Presiden Joko Widodo untuk menyuntikkan vaksin kepada 181,5 juta rakyat Indonesia yang ditargetkan rampung dalam kurun waktu 12 bulan.

“Saya ditugasi Bapak Presiden Jokowi untuk menyuntikkan 181,5 juta rakyat Indonesia divaksin dan beliau minta 12 bulan. Karena beliau bilang belum tahu vaksin ini kekebalannya berapa lama. Kalau vaksin polio seumur hidup, vaksin meningitis setiap kita akan haji atau umroh 2 tahun, nah ini belum ada yang tahu, jadi diambil asumsinya 12 bulan. Itu sebabnya kenapa 181,5 juta penduduk Indonesia harus diselesaikan dalam waktu 12 bulan sebelum kekebalan orang yang disuntik pertama kali hilang,” terang Menkes.

Sementara Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, menyampaikan terima kasih kepada Menteri Kesehatan yang memberikan perhatian khusus untuk Jawa Timur, khususnya Pondok Pesantren Lirboyo.

"Memang yang ada di pondok pesantren itu tidak hanya warga Kota Kediri, sedangkan kami juga mendapat vaksinnya terbatas sekali dan yang didahulukan kemarin para kiai lalu para tokoh agama. Juga karena kami sadar beliau-beliau setiap hari bertemu dengan orang banyak. Artinya adalah ini sangat rentan sekali terpapar Covid-19," ujar wali wkota.

Wali Kota Kediri menyatakan tidak ada kendala mengenai proses vaksinasi. Karena Pemerintah Kota Kediri sudah menyiapkan tenaga medis di puskesmas dan rumah sakit untuk memastikan vaksinasi di Kota Kediri berjalan lancar dan bisa rampung dengan cepat.

“Petugas vaksin atau vaksinator juga sudah kita siapkan dari puskesmas yang setiap hari keliling, jadi insyaallah bisa selesai cepat,” kata Mas Abu, sapaan Wali Kota Kediri. (uji).

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Rabu, 16 Juni 2021 08:42 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Laksamana Sukardi, mantan politikus PDIP, menulis buku. Baru terbit. Ia menceritakan perisitiwa pemecatan dirinya sebagai Menteri BUMN. Yang hanya menjabat 6 bulan. Ia dipecat Presiden Gus Dur. Karena ada lapora...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...